Kompas.com - 13/08/2022, 16:42 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor menjadi salah satu produsen roda empat yang meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang digelar di ICE BSD, Tangerang, sejak 11-21 Agustus 2022.

HPM memamerkan 32 line up unggulannya, mulai LCGC, sedan hingga SUV anyarnya yang belum lama ini meluncur.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, dari puluhan unit yang dipajang, tak terlihat unit Honda Mobilio ada di lantai pameran GIIAS 2022. Padahal Honda Mobilio merupakan satu-satunya model yang berada di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Baca juga: Alasan Suzuki S-Presso Dibekali Fitur yang Minim

Lantas, apakah ini merupakan sinyal bahwa Honda akan menghentikan produksi Mobilio?

Menanggapi hal ini, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM memastikan Honda Mobilio hingga saat ini masih di jual di Indonesia. Hanya saja produksinya sedang terkendala oleh krisis cip semikonduktor.

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

“Mobilio masih dijual, hanya saja terkendala dengan cip semikonduktor yang sama dengan Brio. Brio itu permintaannya tinggi sekali, jadi Mobilio harus mengalah,” ucap Billy di ICE BSD, Sabtu (13/8/2022).

Untuk diketahui, saat ini HPM hanya menjual satu varian Mobilio, yakni tipe S M/T (transmisi manual). Menurut Billy, hal tersebut lantaran permintaan Honda Mobilio masih cukup tinggi di kalangan fleet atau armada.

Baca juga: Kenapa Laksana Tidak Luncurkan SR3 dengan bodi Bus Tingkat?

“Permintaan yang cukup besar itu ada di S manual, jadi yang kita produksi saat ini tipe S manual,” kata dia.

Billy pun melanjutkan, jika krisis cip semikonduktor yang mengganggu produksi LMPV Honda sudah selesai, tak menutup kemungkinan HPM akan kembali memproduksi tipe lain dari Honda Mobilio.

“Kalau (krisis cip semikonduktor) sudah selesai, dan produksi Honda Mobilio bisa berkembang, kenapa tidak? Jadi, jangan bilang Honda Mobilio stop produksi,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.