Kompas.com - 13/08/2022, 13:42 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki empat pabrik kelas dunia yang terletak di Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang di Jawa Barat.

Melalui keempat pabrik itu, Toyota mengklaim telah mengirimkan mobil ke ratusan negara di dunia.

Hal ini dikatakan Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, saat ditemui di sela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baca juga: Motor Listrik Segway Hadir di Indonesia, Harga Mulai Rp 24 Juta

Ilustrasi ekspor mobil.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi ekspor mobil.

“Sudah lebih dari 100 negara, soalnya kan kita juga sekarang ini tidak hanya dalam bentuk utuh, tapi juga dalam bentuk terurai untuk di-assembly ke negara lain,” ujar Bob di ICE BSD City (11/8/2022).

“Sampai 130 negara lebih. Jadi ada yang komponen doang, ada yang CBU, ada yang terurai nanti di-assembly,” kata dia.

Sementara itu, untuk mobil yang dikirimkan utuh dari Indonesia, alias Completely Built Up (CBU), sudah menyasar puluhan negara di dunia.

Baca juga: Dijual Mulai Rp 238 Juta, Intip Spesifikasi Wuling Air ev

“Kalau yang CBU saja sudah 90-an negara. Sudah hampir semua benua, Eropa yang belum,” ucap Bob.

Sebagai informasi, di tengah meningkatnya kasus Covid-19 yang kembali meningkat, angka ekspor mobil buatan Indonesia periode Januari-Juni 2022 meroket cukup tinggi, hingga 167 persen.

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil CBU Indonesia separuh pertama tahun ini tercatat 393.151 unit. Naik dari periode sama 2021 yang cuma 147.203 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.