Kompas.com - 13/08/2022, 16:02 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Kecelakaan yang terjadi pada kendaraan kerap membuat rusak beberapa komponen. Terutama pada bagian eksterior termasuk bodi dan lampu.

Baik perbaikan lampu atau pun bodi kendaraan membutuhkan dana tidak sedikit. Biaya yang dibutuhkan semakin mahal bila kerusakan yang terjadi semakin parah.

Hal tersebut menentukan bisa atau tidaknya komponen tersebut diperbaiki. Jika sudah tidak memungkinakan untuk diperbaiki maka solusinya adalah diganti.

Lampu kombinasi pada mobil, baik depan atau belakang bukan lah komponen yang murah. Namun, ada kondisi tertentu bila lampu ini pecah masih bisa diganti mikanya saja sehingga dapat mengurangi biaya perbaikan yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Penyebab dan Solusi Mika Headlamp yang Berembun

Kondisi headlamp berembun normalPeugeot Kondisi headlamp berembun normal

Pemilik Bengkel Poles Headlamp Supriyadi, mengatakan pada kondisi tertentu mika lampu yang pecah masih bisa diganti.

“Perlu diperiksa unitnya terlebih dulu, apakah pecahnya hanya pada bagian mikanya saja atau ada yang lain yang bisa mempengaruhi kinerja lampu,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan lampu mobil sebenarnya memang satu set, kebanyakan bengkel aksesori mobil tidak bisa melayani perbaikan mika lampunya saja.

Baca juga: Bikin Kinclong Mika Headlamp Mobil

Headlamp pecah Erwin Setiawan Headlamp pecah

Mika yang pecah kan perlu dilepas dan dipasang lagi dengan mika yang baru, ini membutuhkan teknik pengeleman khusus, tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik dan benar,” ucap Supriyadi.

Dia juga mengatakan perlu memeriksa pecahan di titik lain, karena bila ada pecahan di titik lain bisa menyebabkan lampu berembun, dan itu mengganggu kinerja dari lampu itu sendiri.

“Untuk biaya penggantian mika beragam, tergantung mobilnya apa, karena itu menentukan bahan mika, dimensi serta tingkat kesulitannya, yang paling murah sih Rp 250.000-an untuk satu sisi lampu mobil Avanza dan sekelasnya,” ucap Supriyadi.

Baca juga: Kenali Bahayanya Sembarang Ganti Headlamp LED

Dia mengatakan biaya tersebut sudah termasuk jasa pemasangan, mika serta fasilitas garansi yang diberikan.

“Garansi bisa sampai 3 sampai 6 bulan, tergantung kondisi awal lampu yang diperbaiki, biasanya disampaikan di awal sebelum pengerjaan,” ucap Supriyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.