Kompas.com - 11/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) turut membawa truk listrik berbasis Elf atau Elf EV pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Selain truk listrik Elf, Isuzu juga memboyong berbagai model truk, mulai dari Elf sampai Giga. Bahkan ada juga D-Max dan Mu-x yang dimodifikasi dengan gaya kendaraan kerja di daerah pertambangan.

Kembali bahas Elf EV, truk ringan ini dipajang paling depan di booth Isuzu yang berada di hall 7-8 ICE BSD. Berdasarkan pantauan redaksi di lokasi pameran, Elf EV masih ditutup bagian belakangnya dengan kain hitam.

Baca juga: Hino Boyong Truk Listrik Mini di GIIAS 2022

Truk listrik Elf EV di booth Isuzu GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik Elf EV di booth Isuzu GIIAS 2022

Jika dilihat pada bagian depannya atau kepala truk, memang tidak terlihat berbeda dengan Elf biasa yang memakai mesin diesel. Namun ada bubuhan plakar di bagian depan bertuliskan Isuzu Electric Vehicle.

Secara spesifikasi, Elf EV ini memang belum pasti, mengingat masih dalam bentuk konsep. Namun jika melihat ke spesifikasi Elf EV yang diuji di Australia, bisa dibilang punya tenaga dan torsi yang buas.

Pertama soal baterai, Elf EV dibekali dengan baterai lithium-ion 132 kWh. Kemudian, energi listrik tadi disalurkan ke motor listrik direct drive yang menghasilkan tenaga 100 kW atau 134 TK (continuous) dan 130 kW atau 174,3 TK (maximum).

Baca juga: Apa Sebenarnya Manfaat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Setiap Tahun?


Selain tenaganya yang besar, torsi dari Elf EV ini juga bisa dibilang badak. Secara kontinu, torsi yang disalurkan sebesar 800 Nm, sedangkan maksimum torsinya mencapai 1.500 Nm.

Tentu torsi tadi bisa dibilang sangat besar, apalagi untuk kelas truk ringan atau light duty truck. Tapi, perlu diingat kalau Elf EV ini masih konsep, akan ada penyesuaian kembali akan seperti apa spesifikasi resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.