Kompas.com - 10/08/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) nampaknya akan memamerkan truk listrik terbarunya di GIIAS 2022. Hal ini terlihat dari adanya dua truk berukuran kompak yang ditutupi dengan kain hitam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di area GIIAS pada hari Selasa (9/8/2022), truk pertama memakai aplikasi berupa box. Sedangkan satu lagi, nampak tampak mash berupa sasis saja.

Jika diperhatikan dari pelek yang digunakan, maka truk yang dipamerkan di GIIAS tepatnya di booth Hino adalah Dutro Z EV. Truk ini punya dimensi kompak, pakai motor listrik berbasis baterai dan berpenggerak roda depan.

Baca juga: Adiputro Buat Jetbus Transit, Bus Medium Monokok dengan Sasis Hino

 

Truk Hino yang diduga Dutro Z EVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk Hino yang diduga Dutro Z EV

Dikutip dari laman Hino Global, Dutro Z EV merupakan truk hasil pengembangan Hino Motors Ltd di Jepang dengan model lantai rendah, penggerak depan, dan tanpa emisi.

Selain itu, modelnya dibuat walkthrough seperti Van, jadi sangat memudahkan pengemudi untuk mengambil barang di box belakang.

Truk ini merupakan solusi dari Hino untuk last mile logistic. Jadi truk akan digunakan di lokasi-lokasi dengan jalan yang sempit, oleh karena itu dimensinya memang dibuat kompak.

Bedanya dengan truk logistik yang pakai ladder frame dan penggerak belakang, Dutro Z EV memangkas tinggi bak hampir setengahnya. Hal ini yang membuat barang lebih mudah dimasukkan ke box serta ketika pengantaran.

 Baca juga: Hilux GR Sport Terpantau di Booth Toyota di GIIAS 2022

Hino memasang target kalau truk ini bisa melaju sejauh 100 Km. Selain model box, tersedia juga sasis dengan kepala truk sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dutro Z EV punya dimensi panjang sekitar 4,7 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 2,3 meter. Selain itu bobotnya diperkirakan di bawah 3,5 ton, jadi lebih ringan dari truk pada umumnya.

Penasaran seperti apa, bisa melihat langsung duo truk ini di booth Hino yang terletak di hall 7-8 ICE BSD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.