Lexus UX300e Gantikan Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Resmi Deligasi G20

Kompas.com - 11/08/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi ditunjuk sebagai salah satu perseroan yang dipercaya untuk menyediakan kendaraan resmi untuk mendukung mobilitas pada rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022.

Dukungan tersebut, diimplementasikan melalui kehadiran kendaraan listrik Lexus UX 300e sebanyak 143 unit, yang menjadi bagian kendaraan resmi untk anggota deligasi dari berbagai negara.

Demikian yang diumumkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Toyota Pajang GR 86 di GIIAS 2022

Lexus UX300eKOMPAS.com/ADITYO WISNU Lexus UX300e

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita, bangsa Indonesia dapat dipercaya untuk menyelenggarakan gelaran tingkat tinggi tersebut. Juga, dari Toyota yang diberi kesempatan untuk men-supportnya," kata Vice President TAM Henry Tanoto kepada beberapa rekan media belum lama ini.

"Kita akan support dengan Lexus UX 300e sebagai full electric vehicle, produk kita yang menjadi salah satu official di G20. Kita turunkan sebanyak 143 unit," lanjut dia.

Pemilihan produk mobil listrik premium ini, kata Henry lagi, merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para deligasi serta masyarakat Indonesia.

Dengan langkah itu pula, perseroan berkomitmen untuk terus memperkenalkan model kendaraan listrik murni (battery electric vehicle/BEV) ke pasar dalam negeri dalam masa mendatang.

Baca juga: Siap-siap Lexus NX PHEV Hadir di GIIAS 2022

Toyota bZ4X dibekali baterai 71,4kWh, 335 volt, yang bisa menggunakan cas jenis arus DC dengan daya pasokan maksimum hingga 150 kW. Toyota USA Toyota bZ4X dibekali baterai 71,4kWh, 335 volt, yang bisa menggunakan cas jenis arus DC dengan daya pasokan maksimum hingga 150 kW.

Sehingga resmi sudah bahwa bukan Toyota bZ4X yang akan menjadi kendaraan resmi untuk mendukung perhelatan KTT G20 sebagaimana wacana yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Mobil listrik mungil terbaru dari pabrikan asal Jepang tersebut, pada tahun ini hanya akan didatangkan untuk dikenalkan ke masyarakat Indonesia saja lewat ajang GIIAS 2022.

"bZ4X akan ada di GIIAS 2022. Jadi bisa dilihat di sana," ucap Henry.

"Ke depan, kami berkomitmen untuk lebih jauh lagi menyediakan pilihan EV untuk semua, baik hybrid electric vehicle (HEV), Plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), maupun BEV melalui brand Toyota dan Lexus," tambah dia.

Sebagai informasi, Lexus UX 300e mengandalkan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 54,3 kWh yang mampu menempuh jarak 400 kilometer saat baterai dalam keadaan penuh.

Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 204 tenaga kuda (tk), dan torsi maksimal 300 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.