Kompas.com - 05/08/2022, 17:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Rumors Kawasaki bakal melahirkan ZX-4R sudah menyeruak sejak awal tahun. Kini kabar terbarunya Kawasaki berencana menelurkan motor sport 400cc, 4-silinder itu pada akhir 2022.

Mengutip Greatbiker, rumors yang beredar dari media Jepang, jika Kawasaki ZX-4R benar diperkenalkan pada akhir 2022 maka motor sport itu bisa saja mulai dijual pada kuartal pertama 2023.

Baca juga: Selain Ditilang, Ini Ruginya Aplikasi Knalpot Racing pada Motor

Rendering Kawasaki ZX-4RFoto: Greatbiker Rendering Kawasaki ZX-4R

Autoby mengklaim ZX-4R akan memiliki tenaga lebih dari 60 tk. Namun desain eksterior dan dimensinya mirip dengan ZX-25R. Jika benar motor mampu menyemburkan 60 tk maka tenaga itu lebih besar daripada Ninja 650.

Sebelumnya media Jepang, Young Machine merilis render terbaru Ninja ZX-4R. Meski tak ada konfirmasi dari pabrikan tapi rendering ini bisa jadi acuan jika memang Kawasaki serius menggarap ZX-4R.

Desain fasia depan mirip-mirip dengan ZX-10R. Hanya saja bentuk lampu depannya dibuat sedikit lebih sipit dengan bagian tengah yang terlihat lebih lancip.

Baca juga: Selain Bawa Mobil Listrik, DFSK Suguhkan Promo di GIIAS 2022

Rendering Kawasaki ZX-4RFoto: Greatbiker Rendering Kawasaki ZX-4R

Motor memiliki saluran udara built-in pada fairing untuk memasok udara segar ke area sekitar radiator dan mengirimkannya langsung ke mesin. Pasokan udara ini diperlukan agar mesin empat silinder bakal lebih dingin.

Mesin Ninja ZX-4R diharapkan mengusung jantung 400cc inline, 4-silinder, 16-katup, sistem injeksi bahan bakar DOHC. Di atas kertas struktur mesinnya miri-mirip dengan ZX-25R.

Selain itu ada kemungkinan fitur-fitur yang bakal dipakai juga mencomot ZX-25R. Seperti sistem KTRC Kawasaki Traction Control, anti-spin wheel protection yang bisa diatur menjadi 3 level.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.