Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Kompas.com - 05/08/2022, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor listrik perlu memahami Eco riding. Dengan Eco riding pengendara mendapat beberapa keuntungan mulai dari efisiensi baterai sampai memperpanjang usia dinamo dan pengatur daya (controller).

Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik), mengatakan, sesungguhnya semua tentang kendaraan listrik adalah masalah efisiensi.

Baca juga: Bagnaia Berharap Tanpa Kesalahan di Sisa Musim MotoGP 2022

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

"Bagaimana kita bisa bertransportasi dengan biaya paling murah, menggunakan energi paling rendah dan menempuh jarak yang paling jauh, dan dengan menggunakan teknik ECO Riding maka kita akan dapatkan efisiensi yang lebih maximal saat menggunakan kendaraan listrik," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Hendro mengatakan, aplikasi Eco riding sebetulnya tidak sulit. Sebab sebagian besar motor listrik yang dijual di Indonesia sudah banyak yang dilengkapi "ECO MODE."

"Sebagian besar motor listrik yang beredar di Indonesia telah dilengkapi dengan beberapa pilihan mode berkendara. Ada yg menggunakan istilah "ECO", "NORMAL", "SPORT" dan ada juga yang menggunakan istilah "SPEED 1", "SPEED 2", "SPEED 3"," kata Hendro.

Baca juga: Jalan Lapangan Tembak Cibubur Mulai Tutup Sementara

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Mode Eco atau Speed ini sangat berguna di motor listrik karena tiap mode memiliki batasan kecepatan untuk efisiensi baterai. Meski diakui pengguna yang baru menggunakan motor listrik biasanya sulit memakai mode Eco.

"Pada mode "ECO" dan "SPEED 1" biasanya telah dibatasi kecepatan hanya mencapai 35-40km/jam dan pada beberapa motor dgn teknologi yang advance, pengaturannya juga meliputi pembatasan akselerasi," kata dia.

"Sehingga sangat memudahkan pengendara untuk melakukan ECO RIDING dan mencapai efisiensi maximal," ucap Hendro, melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com