Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan AHM Anjlok pada Semester I-2022

Kompas.com - 04/08/2022, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami kemerosotan laba bersih di semester I-2022 berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2022.

PT Astra International Tbk (ASII) selaku pemegang 50 persen saham AHM mencatatkan presentasi yang melemah di semester tahun ini jika dibandingkan periode sebelumnya.

Laba bersih AHM hanya mencatatkan Rp 2,34 triliun, angka ini menurun dari yang sebelumnya Rp 2,68 triliun pada 30 Juni 2021.

Baca juga: Ada 5 Cara Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Produsen sepeda motor itu juga mengalami penurunan pendapatan, yaitu Rp 33,9 triliun dari Rp 34,8 triliun. Sementara itu, beban pajak penghasilan AHM semester ini juga mencapai Rp 641 miliar.


Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya dalam telekonferensi mengatakan, penurunan yang dialami oleh AHM dikarenakan dampak krisis cip semikonduktor.

“Hal sesuai ini sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh Astra International bahwa bisnis otomotif roda dua mengalami penurunan volume 13 persen selama semester I-2022. Ini terkait dengan dampak global semikonduktor ya,” kata Thomas kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda President Director PT Astra Honda Motor, Johannes Loman Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor dan Tetsuya Komine Marketing Director PT Astra Honda Motor saat peluncuran New Honda CB150X di Tangerang, Jumat (12/11/2021). PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda CB150X. Motor sport adventure touring kelas pemula dari jajaran CB-Series.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda President Director PT Astra Honda Motor, Johannes Loman Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor dan Tetsuya Komine Marketing Director PT Astra Honda Motor saat peluncuran New Honda CB150X di Tangerang, Jumat (12/11/2021). PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda CB150X. Motor sport adventure touring kelas pemula dari jajaran CB-Series.

 Baca juga: Lingkungan Pemerintah Perlu Beri Contoh Pemakaian Kendaraan Listrik

Kendati mengalami depresiasi dan amortisasi senilai Rp 819 miliar, AHM mendapatkan penghasilan bunga Rp 116 miliar yang mana sebelumnya hanya Rp 131 miliar.

Sebelumnya, pada tiga bulan pertama atau kuartal I-2022 penjualannya terkoreksi 5 persen, tetapi AHM justru babak belur pada pertengahan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com