Pendapatan AHM Anjlok pada Semester I-2022

Kompas.com - 04/08/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami kemerosotan laba bersih di semester I-2022 berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2022.

PT Astra International Tbk (ASII) selaku pemegang 50 persen saham AHM mencatatkan presentasi yang melemah di semester tahun ini jika dibandingkan periode sebelumnya.

Laba bersih AHM hanya mencatatkan Rp 2,34 triliun, angka ini menurun dari yang sebelumnya Rp 2,68 triliun pada 30 Juni 2021.

Baca juga: Ada 5 Cara Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Produsen sepeda motor itu juga mengalami penurunan pendapatan, yaitu Rp 33,9 triliun dari Rp 34,8 triliun. Sementara itu, beban pajak penghasilan AHM semester ini juga mencapai Rp 641 miliar.


Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya dalam telekonferensi mengatakan, penurunan yang dialami oleh AHM dikarenakan dampak krisis cip semikonduktor.

“Hal sesuai ini sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh Astra International bahwa bisnis otomotif roda dua mengalami penurunan volume 13 persen selama semester I-2022. Ini terkait dengan dampak global semikonduktor ya,” kata Thomas kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda President Director PT Astra Honda Motor, Johannes Loman Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor dan Tetsuya Komine Marketing Director PT Astra Honda Motor saat peluncuran New Honda CB150X di Tangerang, Jumat (12/11/2021). PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda CB150X. Motor sport adventure touring kelas pemula dari jajaran CB-Series.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor, Keiichi Yasuda President Director PT Astra Honda Motor, Johannes Loman Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor dan Tetsuya Komine Marketing Director PT Astra Honda Motor saat peluncuran New Honda CB150X di Tangerang, Jumat (12/11/2021). PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda CB150X. Motor sport adventure touring kelas pemula dari jajaran CB-Series.

 Baca juga: Lingkungan Pemerintah Perlu Beri Contoh Pemakaian Kendaraan Listrik

Kendati mengalami depresiasi dan amortisasi senilai Rp 819 miliar, AHM mendapatkan penghasilan bunga Rp 116 miliar yang mana sebelumnya hanya Rp 131 miliar.

Sebelumnya, pada tiga bulan pertama atau kuartal I-2022 penjualannya terkoreksi 5 persen, tetapi AHM justru babak belur pada pertengahan tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.