Alasan Yamaha Memilih Menghentikan Produksi Mio Z

Kompas.com - 02/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha resmi menghentikan produksi Yamaha Mio Z. Penjualan skutik entry level di kelas 125cc itu stop setelah enam tahun eksis di pasar Indonesia sejak meluncur pada 2016.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan alasan Mio Z tidak diproduksi lagi lantaran kebutuhan konsumen berubah.

Baca juga: Update Harga Aki Motor per Agustus 2022

"Karena inovasi dan perkembangan produk, desain, dan teknologi saat ini berkembang cepat. Kebutuhan konsumen pun terus berubah," kata Anton panggilannya kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Yamaha Mio ZDok. YIMM Yamaha Mio Z

 

Sebelumnya Yamaha juga menghentikan penjualan All New Soul GT. Hilangnya dua model ini membuat skutik entry level kelas 125 cc Yamaha kini berjumlah tujuh model di luar Lexi, yaitu Fazzio Hybrid, Gear 125, Freego, X-Ride, Mio M3, Fino, dan Mio S.

Anton mengatakan, tanpa Mio Z saat ini pihaknya tetap fokus untuk menjawab kebutuhan konsumen. Karena itu Yamaha punya beberapa model skutik di segmen entry level.

Baca juga: Debut di GIIAS 2022, ALVA Bakal Meriahkan Skuter Bongsor Elektrik

"Untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumem tersebut, kami berusaha untuk memenuhi dengan produk-produk yang kami pasarkan saat ini. Sehingga saat ini kami fokus untuk terus memasarkan produk generasi 125 dan menjawab kebutuhan konsumen," kata dia.

Mio Z warna Merah ZuperOtomania/Setyo Adi Mio Z warna Merah Zuper

Selain itu, dari segi tampilan, Mio Z dan Mio M3 benar-benar sama. Hanya warna dan striping termasuk warna suspensi belakang yang membedakan.

"Makanya di line up produk 125, Yamaha memiliki berbagai produk yang menyesuaikan dengan karakter konsumen yang beragam," kata Anton.

"Karena saat ini kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor bukan hanya sekedar transportasi saja, tetapi juga mewakili gaya hidup mereka," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.