Konsumen Ditawari Pengembalian Dana Inden Fazzio, Ini Kata Yamaha

Kompas.com - 02/08/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Fazzio merupakan skutik baru yang meluncur pada Januari 2022. Hingga sekarang, motor ini telah menarik minat konsumen sampai membuat antrean inden hingga berbulan-bulan.

Berdasarkan laporan yang diterima Kompas.com, sudah banyak konsumen yang harus rela antre sekitar 2-3 bulan, bahkan lebih.

Kabar terbaru, beberapa konsumen bahkan mulai ditawari untuk refund alias pengembalian dana pemesanan Fazzio.

Baca juga: Tak Lagi Sama, Ini Bedanya Toyota All New Avanza dan Veloz

Ilustrasi pengiriman skutik Yamaha FazzioDok. Yamaha Ilustrasi pengiriman skutik Yamaha Fazzio

“Saya nunggu inden sudah dari bulan Mei 2022, sampai saat ini menurut diler belum ada infonya lagi kapan unitnya akan turun. Sekarang diinfo bisa melakukan pembatalan pemesanan unit dan me-refund uang booking 100 persen senilai Rp 2 juta,” ujar AR, konsumen Fazzio di Jakarta Timur, kepada Kompas.com (1/8/2022).

Seperti diketahui, antrean inden sepeda motor memang harus dialami kebanyakan konsumen motor baru. Pada masa sekarang, kehadiran produk baru ini masih dibayangi sulitnya material atau bahan baku.

Terutama karena kelangkaan cip semikonduktor yang jadi masalah di hampir seluruh pabrikan, sehingga berdampak pada terhambatnya produksi kendaraan.

Baca juga: Data STNK Dihapus, Bakal Banyak Kendaraan Bodong

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, antrean di setiap diler berbeda-beda dan konsumen akan dilayani sesuai antrean tersebut.

“Ini harus ditanyakan kepada dilernya dulu. Kami tidak pernah memberikan arahan seperti itu. Mungkin itu adalah kesepakatan diler dan konsumen di awal perjanjian,” kata Anton, kepada Kompas.com (1/8/2022).

Meski begitu, Anton mengakui bahwa permintaan Fazzio saat ini sangat tinggi. Ia memohon maaf kepada konsumen yang masih dalam antrean dan setia untuk menunggu.

“Kami akan berusaha untuk menyuplai unit Fazzio kepada konsumen secepat mungkin. Kami akan berusaha yang terbaik,” ujar Anton,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.