Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Ditawari Pengembalian Dana Inden Fazzio, Ini Kata Yamaha

Kompas.com - 02/08/2022, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Fazzio merupakan skutik baru yang meluncur pada Januari 2022. Hingga sekarang, motor ini telah menarik minat konsumen sampai membuat antrean inden hingga berbulan-bulan.

Berdasarkan laporan yang diterima Kompas.com, sudah banyak konsumen yang harus rela antre sekitar 2-3 bulan, bahkan lebih.

Kabar terbaru, beberapa konsumen bahkan mulai ditawari untuk refund alias pengembalian dana pemesanan Fazzio.

Baca juga: Tak Lagi Sama, Ini Bedanya Toyota All New Avanza dan Veloz

Ilustrasi pengiriman skutik Yamaha FazzioDok. Yamaha Ilustrasi pengiriman skutik Yamaha Fazzio

“Saya nunggu inden sudah dari bulan Mei 2022, sampai saat ini menurut diler belum ada infonya lagi kapan unitnya akan turun. Sekarang diinfo bisa melakukan pembatalan pemesanan unit dan me-refund uang booking 100 persen senilai Rp 2 juta,” ujar AR, konsumen Fazzio di Jakarta Timur, kepada Kompas.com (1/8/2022).

Seperti diketahui, antrean inden sepeda motor memang harus dialami kebanyakan konsumen motor baru. Pada masa sekarang, kehadiran produk baru ini masih dibayangi sulitnya material atau bahan baku.

Terutama karena kelangkaan cip semikonduktor yang jadi masalah di hampir seluruh pabrikan, sehingga berdampak pada terhambatnya produksi kendaraan.

Baca juga: Data STNK Dihapus, Bakal Banyak Kendaraan Bodong

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, antrean di setiap diler berbeda-beda dan konsumen akan dilayani sesuai antrean tersebut.

“Ini harus ditanyakan kepada dilernya dulu. Kami tidak pernah memberikan arahan seperti itu. Mungkin itu adalah kesepakatan diler dan konsumen di awal perjanjian,” kata Anton, kepada Kompas.com (1/8/2022).

Meski begitu, Anton mengakui bahwa permintaan Fazzio saat ini sangat tinggi. Ia memohon maaf kepada konsumen yang masih dalam antrean dan setia untuk menunggu.

“Kami akan berusaha untuk menyuplai unit Fazzio kepada konsumen secepat mungkin. Kami akan berusaha yang terbaik,” ujar Anton,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com