Tak Lagi Sama, Ini Bedanya Toyota All New Avanza dan Veloz

Kompas.com - 01/08/2022, 11:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah meluncur sejak tahun lalu, sampai saat ini masih banyak yang mengira antara All New Toyota Avanza dan Veloz serupa. Padahal perbedaan kasta antar keduanya kini makin kental.

Bisa dibilang keduanya menjadi entitas yang berbeda, tak lagi serupa seperti generasi sebelumnya, baik secara fisik, fitur, bahkan sampai target pasar. Bahkan produksinya pun sudah tak sama, karena Veloz sepenuhnya berada di dapur Toyota.

Sebelumnya, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perbedaan Avanza dan Veloz dilakukan guna mengakomodasi kebutuhan konsumen yang berbeda.

Baca juga: Kehadiran Honda WR-V Dalam Waktu Dekat, Meluncur di GIIAS 2022?

 

Bahkan, pemisahan brand sendiri sebenarnya telah dilakukan sejak lama, tapi pada generasi baru ini memang jauh lebih teras.

Toyota All New VelozVIO Toyota All New Veloz

"Kami sudah melihat adanya dua tipe segmen yang ada di kelas low MPV, karena itu kami coba untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena memang berbeda. Sebab itu juga, secara desain yang kedua ini Veloz ini kami buat lebih signifikan dan tetap mengikuti permintaan konsumen yang butuh utilitas seperti MPV namun desainnya lebih SUV," ujar Anton, saat peluncuran keduanya pada 2021 lalu.

Agar lebih jelas soal beda antara Avanza dan Veloz generasi baru, redaksi kembali membahas sekilas dari sisi tampilan, fitur, serta harga. Sementara untuk urusan mesin, keduanya sama-sama 1.500 cc yang kini sudah mengusung penggerak depan.

Desain

Seperti yang sudah diutarakan, Veloz memiliki tampilan desain yang lebih berkelas. Visual depannya dibuat tegas dengan paduan nuansa elegan, namun tetap tersemat kesan sporty.

Tak hanya itu, garis-garis yang lebih tebal juga terlihat yang memanjang di bagian samping, untuk kaki-kaki sudah menggunakan pelek 17 inci, roof rail, fender line, dan side stone guar.

Sementara bagian belakang, tampilannya dibuat elegan. Menariknya, bila diperhatikan ada sedikit kemiripan dengan salah salah satu produk crossover-nya.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.