AC Mobil Tidak Dingin tapi Selangnya Beku, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 01/08/2022, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem AC pada mobil cukup rumit untuk dipahami. Pasalnya, fitur pendingin kabin mobil ini bisa tidak dingin saat bersamaan selang AC-nya membeku. Sifat yang bertolak belakang tersebut sering membuat pengendara kebingungan.

Hal tersebut bisa terjadi bukan karena sesuatu yang ajaib, melainkan sebuah fenomena yang logis terjadi pada sistem AC mobil ketika bermasalah.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan AC mobil bisa mengalami pembekuan di evaporator yang justru bisa membuat AC tidak mampu mendinginkan udara di dalam kabin.

Baca juga: Kenali Peran dan Cara Kerja Magnetic Clutch pada AC Mobil

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Evaporator itu bisa membeku jika sistem AC-nya bermasalah, awalnya suhu di dalam kabin normal saja, dingin, tapi lama-lama menjadi tidak dingin, terus keluar uap es dari ventilasi AC, jika diamati melalui ruang mesin, selang AC-nya membeku, ini namanya ngefrost,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan AC mobil bisa menjadi tidak mampu menyejukan udara di dalam kabin karena kisi-kisi di dalam evaporator tertutup oleh es. Sehingga, sifat dingin tersebut tidak dihantarkan dengan baik oleh udara.

Baca juga: Lakukan Ini Ketika AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Lama kelamaan jika dibiarkan, yang terjadi justru suara blower semakin keras tapi tidak ada embusan angin dari ventilasi AC, ini menandakan telah terjadi ngefrost semakin parah,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan kondisi demikian termasuk tidak baik. Dia menyarankan agar pengendara segera memeriksakan kondisi AC mobil itu ke bengkel yang kompeten agar segera mendapatkan penanganan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.