Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Ketika AC Mobil Mendadak Tidak Dingin

Kompas.com - 29/07/2022, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem AC pada mobil bisa mengalami masalah kapan saja, meski sering dilakukan servis. Hal itu bisa terjadi karena ada beberapa komponen pada sistem AC yang sifatnya permanen, jika rusak ya harus diganti

Sehingga, sangat mungkin terjadi AC tiba-tiba tidak dingin padahal awalnya dingin. Tentu hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari elektrikal, freon, evaporator atau motor fan yang sudah waktunya ganti.

Nah, berhubung penyebab AC mobil tidak dingin itu banyak, maka pelanggan dihimbau untuk tidak buru-buru menyimpulkan sumber permasalahannya tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Baca juga: Kenali Tanda Evaporator AC Mobil Minta Diganti

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil.

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun, Anom Budi Prasetiyo mengatakan jika AC pada kendaraan tiba-tiba mengalami disfungsi, maka pengendara tidak perlu panik dan menyimpulkan macam-macam, tapi hanya perlu mendatangi bengkel yang kompeten dalam hal AC mobil.

“Datang ke bengkel saja, karena penyebab AC tidak dingin itu sangat banyak, jangan menyimpulkan hal-hal yang belum tentu benar sebelum dilakukan pemeriksaan dari ahlinya,” ucap Anom kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Dia mengatakan sistem AC pada mobil itu cukup rumit serta didukung oleh berbagai komponen. Terjadi banyak kasus, AC mobil tidak tuntas dalam menjalani perbaikan karena salah penanganan.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Minta Ganti

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Bengkel AC yang baik pasti akan melakukan pemeriksaan terlebih dulu sebelum memutuskan apa penyebab AC tidak dingin, tidak bisa asal nebak seperti dukun,” ucap Anom.

Dia mengatakan pihaknya selalu menerapkan standar yang benar dalam melakukan pemeriksaan AC mobil untuk meminimalisir kekeliruan dalam penanganan.

“Diperiksa dulu, AC tidak dingin kan bisa karena ada kebocoran, bisa juga tidak bocor tapi hanya kotor, bisa juga dari elektrikalnya atau bahkan dari kipas radiator yang lemah, dan lain-lain,” ucap Anom.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Jadi, begitu AC mobil Anda tidak dingin, hal yang utama yaitu tidak boleh panik dan segera ke bengkel kepercayaan atau yang kompeten untuk melakukan pemeriksaan. Jangan sekali-kali menyimpulkan sumber masalahnya secara mandiri dengan modal asumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com