Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Evaporator AC Mobil Minta Diganti

Kompas.com - 27/07/2022, 17:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua mobil saat ini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) yang menjadi fitur wajib.

Namun kerusakan komponen AC tidak bisa diprediksi kapan terjadi, bahkan meski suda rajin dirawat sekalipun. 

Hal tersebut cukup wajar, karena pada dasarnya sebuah komponen memiliki masa pakai, salah satunya seperti evaporator yang jika sudah lama bisa mengalami kerusakan.

Baca juga: Pahami Fungsi Evaporator AC Mobil Hingga Penyebab Kerusakan

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo mengatakan, tanda evaporator perlu diganti yang pasti AC menjadi tidak dingin.

Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil. Kompas.com Kotoran lendir menutupi celah kisi-kisi evaporator AC mobil.

Lalu embusan angin dari ventilasi AC juga pelan padahal sudah gunakan level maksimal, dan yang terakhir muncul bau oli freon yang khas menandakan ada kebocoran.

Evaporator bisa mengalami kerusakan pada kisi-kisinya, sehingga kurang maksimal dalam mendinginkan udara yang disirkulasikan karena mampat, atau bisa juga terjadi kebocoran sehingga freon habis dan sistem AC menjadi tidak bekerja dengan baik,” ucap Anom kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Menurut Anom, bila kelamaan kisi-kisi pada evaporator akan rontok atau bahkan terjadi mampet karena kotoran yang menghalangi udara.

Bila sudah demikian, otomatis embusan akan terhambat dan angin yang keluar dari ventilasi AC tidak dingin maksimal.

Baca juga: Mengapa Evaporator AC Mobil Bisa Bocor?

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Anom menjelaskan, evaporator bisa mengalami kebocoran yang menyebabkan AC mobil tidak dingin total.

“Sebenarnya ada alat yang bisa memastikan, berupa kamera khusus yang dapat melihat sisi evaporator apakah ada kebocoran atau tidak, jadi kameranya diarahkan ke evaporator lewat rumah filter kabin, jika tampak hijau-hijau itu tanda ada kebocoran freon,” ucap Anom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com