Max Verstappen Tutup Paruh Musim F1 dengan Kemenangan

Kompas.com - 01/08/2022, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Red Bull Racing F1, Max Verstappen, mencatat hasil gemilang pada ajang lanjutan Formula 1 GP Hungaria, Minggu (31/7/2022). Verstappen yang memulai balapan dari posisi 10, mampu menjadi juara di seri kali ini.

Adapun rekan setimnya yakni Sergio Perez, yang start dari posisi 11 berhasil finis posisi lima. Posisi podium dua dan tiga ditempati oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russel.

Balapan di Sirkuit Hungaroring yang memiliki panjang 4.381 meter ini, berjalan sebanyak 70 putaran. Verstappen menyelesaikan waktu 1:39:35,912 detik, unggul 7,834 detik dari Hamilton.

Baca juga: Skema Kredit Mazda CX-8, Angsuran Rp 11 Jutaan

“Di luar dugaan bisa menang balapan kali ini padahal start dari posisi 10, terutama di lintasan seperti ini yang sangat sulit untuk menyalip,” ungkap Verstappen dalam keterangan resminya.

Dirinya mengungkapkan bahwa tim melakukan strategi yang tepat untuk melakukan pit stop, dan melakukan penggantian ban serta pengisian bahan bakar.

“Semuanya berlangsung rapi dan secara keseluruhan kami melakukan pekerjaan yang bagus sebagai tim. Kali ini adalah balapan yang terbaik buat saya, meskipun sempat melintir 360 derajat” kata pebalap asal Belanda ini.

Sementara itu, Sergio Perez mengakui puas dengan hasil akhirnya di puncak klasemen dan bisa menikmati musim panas. Perez mengungkapkan jalannya balapan sangat sulit ditebak, bahkan hingga akhir balapan di mana kondisinya berubah dan khususnya saat ada Safety Car.

Baca juga: Bayern Munchen Pakai Bus Listrik MAN sebagai Armada Resmi

“Padahal usai kualifikasi beranggapan akan lalui pekan balapan yang buruk, tapi akhirnya bisa meraih poin penting dan senang bisa berkompetisi dengan tim lain,” ujar Perez.

“Kemenangan yang luar biasa bagi Max Verstappen di GP Hongaria. Menyuguhkan balapan yang menarik untuk diikuti, melihat posisi start dan sirkuit yang menyulitkan pembalap, namun Verstappen bisa menunjukkan mental juara yang didukung dengan talenta terbaik, serta performa RB18 dan strategi yang tepat dari tim,” ujar Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Usai gelaran GP Hungaria 2022, para pebalap akan rehat satu bulan menikmati liburan musim panas. Balapan akan dilanjutkan pada GP Belgia di sirkuit Spa-Francorchamp pada 28 Agustus mendatang.

Pada klasemen sementara perebutan titel Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen berada di puncak dengan mengantongi 258 poin. Posisi kedua ada Charles Leclerc dengan raihan 178 poin, dan posisi ketiga ada Sergio Perez yang mengoleksi 173 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.