FIF Group Catat Kenaikan Laba Bersih, Raup Rp 1,51 Triliun

Kompas.com - 31/07/2022, 18:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Federal International Finance (FIF) berhasil mencatatkan kenaikan laba bersih pada Semester I/2022. Keuntungan yang didapat bahkan mencapai 58,65 persen.

"Laba bersih PT FIF untuk semester pertama tahun ini mengalami kenaikan. Jika dibandingkan tahun lalu, Year on Year (YoY), kenaikannya lebih dari 50 persen," ujar Presiden Direktur FIF Margono Tanuwijaya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Baca juga: Laba Bersih FIF Group Naik 83 Persen di Kuartal Satu

Pada periode yang sama, tahun lalu FIF mendapatkan laba bersih sebesar Rp 949,27 miliar. Tahun ini, perusahaan pembiayaan ritel tersebut mendapatkan Rp 1,51 triliun.

Booth Honda dalam pameran GIIAS Surabaya 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Honda dalam pameran GIIAS Surabaya 2021

Pertumbuhan kinerja juga dapat dilihat dari penyaluran pembiayaan (amount finance) oleh PT FIF yang tercatat mengalami peningkatan menjadi Rp 15,50 triliun pada semester I tahun 2022.

Pertumbuhannya mencapai 0,60 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 15,41 triliun.

Padahal, penjualan sepeda motor Honda juga sempat terdampak dengan adanya krisis cip semikonduktor. Namun, FIF terus optimistis kondisi tersebut akan membaik.

Baca juga: FIF Group Jadi Penyumbang Terbesar Pembiayaan Sepeda Motor Indonesia

"Krisis cip semikonduktor dampaknya pada sepeda motor Honda itu di bulan Mei, Juni, dan Juli. Sedangkan kalau di multifinance, laba bersih itu tergantung dari penjualan tahun lalu, serta penjualan di kuartal pertama tahun ini," kata Margono.

IIMS Hybrid 2022, AHM berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 798 unit. Foto: AHM IIMS Hybrid 2022, AHM berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 798 unit.

Untuk lini bisnis FIFASTRA, kelangkaan cip semikonduktor berdampak negatif pada kinerja pembiayaan sepeda motor Honda baru tersebut.

Sebab, proses produksinya tidak dapat mengimbangi permintaan masyarakat yang tinggi. Sehingga, masyarakat harus inden dengan jangka waktu yang lama.

Pada semester I/2022, kinerja pembiayaan FIFASTRA juga menurun sebesar 7,53 persen, menjadi Rp 9,38 triliun dibanding semester I/2021 yang mencapai Rp 10,15 triliun.

IIMS Hybrid 2022, AHM berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 798 unit. Foto: AHM IIMS Hybrid 2022, AHM berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 798 unit.

Penurunan ini juga dapat dilihat dari jumlah booking unit di semester I/2022 yang hanya mencapai 549 ribu unit turun 4,81 persen dibanding periode yang sama tahun 2021 yang mencapai 577 ribu unit.

Margono menambahkan, kalau dari sisi penjualan yang terdampak pada krisis cip semikonduktor itu pasti belum terefleksi ke profitability di semester I/2022.

"Harapan kita, faktor semikonduktor ini tidak berkepanjangan. Semoga di bulan depan juga sudah bisa survive. Sehingga, performa FIF selama setahun masih oke," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.