Ketahui Dampak Memarkirkan Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Kompas.com - 01/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil tidak boleh asal berhenti, tapi perlu memperhatikan tempat atau lokasi. Selain tidak mengganggu pengguna jalan lain, parkir mobil sembarangan bisa merusak mobil secara perlahan.

Usahakan di garasi rumah atau tempat kerja pada lokasi yang baik. Misalnya, di dalam ruangan, atau tempat teduh agar mobil terhindar dari sengatan sinar matahari secara langsung.

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, mobil sebaiknya parkir di tempat yang teduh agar komponen mobil tetap terjaga kualitasnya.

Baca juga: Ada Bahaya, Jangan Tinggalkan Powerbank di Kabin Saat Mobil Parkir

Sejumlah mobil parkir di halaman rumah warga di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (14/5/2022) sore.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah mobil parkir di halaman rumah warga di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (14/5/2022) sore.

“Sebaiknya di tempat yang teduh kalau parkir mobil, untuk menghindari beberapa kerusakan jangka panjang karena sengatan sinar matahari, yang saya tahu sih sinar matahari bisa merusak elastisitas kulit jok,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan jok yang berbahan kulit bisa menjadi keras atau bantat. Hal itu disampaikan berdasarkan pengalamannya di lapangan.

Selain itu, beberapa kerusakan lain juga bisa terjadi seperti yang disampaikan oleh Ibrohim, Foreman Nissan Bintaro. Dia mengatakan sinar matahari secara langsung dapat merusak beberapa komponen kendaraan mulai dari jok hingga cat mobil.

Baca juga: Saat Mobil Parkir di Ruang Terbuka, Apa Perlu Buka Kaca Jendela?

Sejumlah mobil parkir di atas trotoar Jalan Raya Margonda Kota Depok yang baru selesai direvitalisasi, Kamis (6/1/2022). Dwi Putra Kesuma Sejumlah mobil parkir di atas trotoar Jalan Raya Margonda Kota Depok yang baru selesai direvitalisasi, Kamis (6/1/2022).

“Cat mobil akan cepat pudar, selain itu juga bisa timbul jamur, sinar matahari langsung juga bisa merusak komponen yang terbuat dari karet seperti; karet pintu, list kaca depan belakang, karet wiper, itu akan menjadi keras tidak elastis lagi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan beberapa komponen kendaraan butuh tetap elastis dalam menjalankan tugasnya. Seperti karet wiper, jika sudah tidak elastis akan membuat kemampuannya dalam menyapu air di kaca berkurang.

Sinar matahari langsung itu tajam ya, belum masalah di kelembaban interior, warna jok mobil bisa pudar, jika pake sarung jok ya elastisitas sarung jok berkurang, bisa juga trim atau dashboard menjadi kusam,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Mengapa Posisi Ban Harus Lurus Saat Mobil Parkir

Mobil parkir sembarangan.Dok. Erwin Hutapea Mobil parkir sembarangan.

Dia juga mengatakan sinar matahari langsung bisa membuat kualitas ban mobil berkurang meski dalam kurun waktu yang lama. Maka dari itu, dalam memarkir mobil perlu dibiasakan di tempat-tempat yang teduh dan aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.