Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Dampak Memarkirkan Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Kompas.com - 01/08/2022, 10:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil tidak boleh asal berhenti, tapi perlu memperhatikan tempat atau lokasi. Selain tidak mengganggu pengguna jalan lain, parkir mobil sembarangan bisa merusak mobil secara perlahan.

Usahakan di garasi rumah atau tempat kerja pada lokasi yang baik. Misalnya, di dalam ruangan, atau tempat teduh agar mobil terhindar dari sengatan sinar matahari secara langsung.

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, mobil sebaiknya parkir di tempat yang teduh agar komponen mobil tetap terjaga kualitasnya.

Baca juga: Ada Bahaya, Jangan Tinggalkan Powerbank di Kabin Saat Mobil Parkir

Sejumlah mobil parkir di halaman rumah warga di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (14/5/2022) sore.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah mobil parkir di halaman rumah warga di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (14/5/2022) sore.

“Sebaiknya di tempat yang teduh kalau parkir mobil, untuk menghindari beberapa kerusakan jangka panjang karena sengatan sinar matahari, yang saya tahu sih sinar matahari bisa merusak elastisitas kulit jok,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan jok yang berbahan kulit bisa menjadi keras atau bantat. Hal itu disampaikan berdasarkan pengalamannya di lapangan.

Selain itu, beberapa kerusakan lain juga bisa terjadi seperti yang disampaikan oleh Ibrohim, Foreman Nissan Bintaro. Dia mengatakan sinar matahari secara langsung dapat merusak beberapa komponen kendaraan mulai dari jok hingga cat mobil.

Baca juga: Saat Mobil Parkir di Ruang Terbuka, Apa Perlu Buka Kaca Jendela?

Sejumlah mobil parkir di atas trotoar Jalan Raya Margonda Kota Depok yang baru selesai direvitalisasi, Kamis (6/1/2022). Dwi Putra Kesuma Sejumlah mobil parkir di atas trotoar Jalan Raya Margonda Kota Depok yang baru selesai direvitalisasi, Kamis (6/1/2022).

“Cat mobil akan cepat pudar, selain itu juga bisa timbul jamur, sinar matahari langsung juga bisa merusak komponen yang terbuat dari karet seperti; karet pintu, list kaca depan belakang, karet wiper, itu akan menjadi keras tidak elastis lagi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan beberapa komponen kendaraan butuh tetap elastis dalam menjalankan tugasnya. Seperti karet wiper, jika sudah tidak elastis akan membuat kemampuannya dalam menyapu air di kaca berkurang.

Sinar matahari langsung itu tajam ya, belum masalah di kelembaban interior, warna jok mobil bisa pudar, jika pake sarung jok ya elastisitas sarung jok berkurang, bisa juga trim atau dashboard menjadi kusam,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Mengapa Posisi Ban Harus Lurus Saat Mobil Parkir

Mobil parkir sembarangan.Dok. Erwin Hutapea Mobil parkir sembarangan.

Dia juga mengatakan sinar matahari langsung bisa membuat kualitas ban mobil berkurang meski dalam kurun waktu yang lama. Maka dari itu, dalam memarkir mobil perlu dibiasakan di tempat-tempat yang teduh dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com