Rumor Petronas Mau Geser Repsol Jadi Sponsor Utama Honda

Kompas.com - 01/08/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah berkolaborasi selama 27 tahun dan meraih 10 gelar juara, Repsol dan Honda dikabarkan bakal memutuskan hubungan kerja sama.

Dilansir dari Paddock GP, Minggu (30/8/2022), mundurnya perusahaan minyak asal Spanyol, Repsol, dipicu dari kegagalan RCV213 dalam sejumlah balapan terakhir. Termasuk juga cedera berkepanjangan yang diderita Marc Marquez.

Seperti diketahui, sejumlah pebalap mulai dari Mick Doohan, Alex Crivile, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, hingga Marc Marquez telah menyumbangkan gelar juara bagi Repsol Honda Team.

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

Petronas FP1Dok. MCN Petronas FP1

Rumor yang berkembang, tim berkelir jingga ini mau digantikan Petronas, perusahaan minyak Malaysia. Meskipun ada beberapa kandidat lain yang masih dari perusahaan energi dan juga pelumas yang dekat dengan Honda.

Namun, selain itu, masih ada rencana B atau rencana cadangan untuk menyelamatkan tim pabrikan Honda, yakni dengan merombak beberapa struktur dalam manajemen tim.

Salah satunya merekrut Davide Brivio untuk kembali ke kancah MotoGP setelah dua tahun bekerja di F1 bersama BWT Alpine F1 Team.

Baca juga: Skema Cicilan Motor Listrik Smoot Tempur, Uang Muka Rp 1 Jutaan

Sebagai informasi, Davide Brivio kemungkinan akan menggantikan posisi Manajer Tim yang kini ditempati oleh Alberto Puig. Sedangkan Alberto Puig akan mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi di tim pabrikan Honda.

Sementara itu, Joan Mir sebagai pebalap kedua sudah santer terdengar segera menjadi tandem bagi Marc Marquez pada musim depan.

Sehingga, duet Joan Mir dan Davide Brivio yang pernah membawa Suzuki sebagai juara dunia MotoGP 2020 diharapkan bisa membawa angin segar bagi Honda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.