Kompas.com - 21/03/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat parkir mobil di area terbuka ada anggapan harus membuka sedikit kaca, karena dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam kabin.

Jika mobil diparkir di area tanpa atap atau terekspos langsung dengan sinar matahari, udara di dalam kabin akan lebih cepat panas. Tidak hanya itu, dalam jangka waktu lama interior juga bisa rusak ataupun memuai.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, interior mobil cepat renggang dan memuai saat diparkir di area yang panas.

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Sedikit membuka kaca jendela mobil, lanjutnya, secara teknis dapat mengurangi tekanan akibat suhu tinggi di dalam kabin mobil.

"Kalau dalam ruangan tertutup, panas dan tekanannya tinggi. Tapi kalau dia dibuka sedikit (kaca jendela mobil), dia akan berkurang," jelas Bambang pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun jika dilihat dari sisi keamanan, kebiasaan ini bisa jadi membahayakan khususnya bila mobil di parkir di area yang rawan atau kurang pengawasan.

Ilustrasi parkir mobilresi.blog.realestate.com.au Ilustrasi parkir mobil

Baca juga: Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Marquez Kecelakaan Fatal

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha menjelaskan, menurunkan kaca mobil saat parkir bukan sebuah hal yang wajib dilakukan. Ia mengatakan, sirkulasi udara di dalam mobil sudah ada tanpa harus menurunkan kaca jendela.

"Menurunkan kaca mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi kemasukan benda asing atau justru memicu tindak kejahatan. Kondisi ini akan semakin parah jika mobil di garasi tanpa atap seperti car port di depan rumah," ujar Sapta.

Sapta memaparkan, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka kaca saat pengemudi sudah akan menggunakan mobil setelah parkir, kemudian menyalakan AC untuk sirkulasi udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.