Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Sudah Semakin Padat

Kompas.com - 29/07/2022, 20:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat telah terjadi peningkatan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) di ruas jalan tol Jasa Marga Grup pada semester pertama tahun ini sebesar 19,3 persen dibanding Januari-Juni 2021.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga menyatakan, capaian tersebut hampir mendekati saat sebelum pandemi Covid-19.

Di mana, volume lalu lintas tercatat mencapai 3,25 juta dari sebelumnya 2,7 juta kendaraan tiap harinya.

Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

Ilustrasi jalan tol.Jasa Marga Ilustrasi jalan tol.

“Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Lebih jauh, Lisye menjelaskan salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 ialah pemberlakuan kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 sampai dengan H2) mencapai 1,69 juta kendaraan atau naik 32,8 persen dari lalu lintas normal.

Ilustrasi macet mudik, cara mencegah macet saat mudik Lebaran. Shutterstock/fsyimage Ilustrasi macet mudik, cara mencegah macet saat mudik Lebaran.

“Terdapat 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 sampai dengan H+7) naik 42,7 persen dari lalu lintas normal,” ujarnya.

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester 1 Tahun 2022 antara lain, Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan setiap hari.

Lalu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan 443 ribu kendaraan setiap hari dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan setiap hari.

“Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol," kata dia.

Baca juga: Hyundai Sebut Masih Terdampak Krisis Cip Semikonduktor

One Way di Jalan Tol Jasa Marga Group pada 6-8 Mei 2022Jasa Marga One Way di Jalan Tol Jasa Marga Group pada 6-8 Mei 2022

"Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder,” tambah Lisye.

Jasa Marga juga menghimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.