Pengendara Motor Saling Ngobrol di Jalan, Malah Bikin Celaka

Kompas.com - 29/07/2022, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang mengemudi di jalanan, kerap ditemui dua pengendara motor yang mengobrol. Masalahnya, mereka mengobrol sambil berkendara, bukan berhenti di tepi jalan.

Kejadian seperti ini sebenarnya sangat menghalangi laju lalu lintas. Mengingat biasanya pengendara ini mengobrol bersampingan, jadi memakan jalur.

Menanggapi kejadian seperti ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika ngobrol sambil berkendara, risiko kecelakaan bisa meningkat karena pengendara yang tidak konsentrasi.

Baca juga: BERITA FOTO: Mengintip Spesifikasi Motor Listrik Gesits G1

Pengendara motor ngobrol di jalan rayainstagram.com/dashcamindonesia Pengendara motor ngobrol di jalan raya

"Ketiak berkendara sambil mengobrol, fokus berkendara kita akan terpecah. Selain harus memperhatikan jalan di depan, kita juga fokus mendengarkan pembicaraan lawan bicara," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Efeknya, laju motor jadi pelan, sehingga menghalangi mobil di belakangnya. Selain itu, dari sisi pengendara juga bisa hilang konsentrasi dan akhirnya membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Berapa Lama Produksi Bus di Karoseri?


"Bahayanya, fokus berkendara kita menjadi berkurang. Bisa saja akibatnya jadi antisipasi terlambat," ucap Agus.

Contohnya, ketika di depan ada bahaya, pengendara jadi telat melakukan manuver. Sehingga mungkin saja jadi terjatuh atau sampai menabrak pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.