Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Sudah Semakin Padat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat telah terjadi peningkatan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) di ruas jalan tol Jasa Marga Grup pada semester pertama tahun ini sebesar 19,3 persen dibanding Januari-Juni 2021.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga menyatakan, capaian tersebut hampir mendekati saat sebelum pandemi Covid-19.

Di mana, volume lalu lintas tercatat mencapai 3,25 juta dari sebelumnya 2,7 juta kendaraan tiap harinya.

“Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Lebih jauh, Lisye menjelaskan salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 ialah pemberlakuan kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 sampai dengan H2) mencapai 1,69 juta kendaraan atau naik 32,8 persen dari lalu lintas normal.

“Terdapat 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 sampai dengan H+7) naik 42,7 persen dari lalu lintas normal,” ujarnya.

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester 1 Tahun 2022 antara lain, Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan setiap hari.

Lalu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan 443 ribu kendaraan setiap hari dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan setiap hari.

“Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol," kata dia.

"Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder,” tambah Lisye.

Jasa Marga juga menghimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/29/202100915/volume-lalu-lintas-di-jalan-tol-sudah-semakin-padat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke