Suzuki Ertiga Hybrid Punya 9 Pilihan Informasi di MID, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 28/07/2022, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki belum lama ini meluncurkan kendaraan listriknya, yakni All New Ertiga Hybrid, tepatnya pada Juni lalu.

Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) elektrifikasi pertama di Indonesia, All New Ertiga Hybrid sudah dibekali dengan MID (Multi Information Display) yang informatif dan fungsional bagi pengendara.

MID All New Ertiga Hybrid sendiri terletak di dalam Instrument Cluster dan dapat menampilkan 9 mode informasi berbeda untuk memudahkan pengemudi memantau kondisi kendaraan.

Baca juga: Dishub DKI Mulai Sita Motor yang Parkir Liar di Citayam Fashion Week

“Melalui MID yang ada di balik kemudi, konsumen dapat banyak informasi sesuai dengan kebutuhan, seperti energi listrik Smart Hybrid, konsumsi bahan bakar, hingga pergerakan mobil. Desain MID pun dibuat dengan tampilan yang lebih atraktif dan informatif,” ucap Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Kamis (28/7/2022).

Selain itu, ada lima tampilan informasi pada MID All New Ertiga Hybrid, mulai dari tampilan jam, termometer suhu luar, tampilan informasi utama, posisi transmisi atau petunjuk perpindahan gigi transmisi, dan tampilan odometer atau jarak tempuh.

Sementara pada tampilan Informasi utama, pengemudi dapat memilih 9 mode tampilan informatif yang berbeda-beda kegunaannya. Berikut uraiannya.

MID Suzuki Ertiga HybridDoc Suzuki MID Suzuki Ertiga Hybrid

  • Mode pertama, untuk melihat konsumsi bahan bakar instan, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan rentang jarak pengendaraan.
  • Mode kedua, akan tampil konsumsi bahan bakar instan dan konsumsi bahan bakar rata-rata per 5, 10 dan 15 menit terakhir.
  • Mode ketiga, untuk melihat kecepatan rata-rata selama berkendara, kecepatan rata-rata per 5 dan 10 menit terakhir, dan total durasi mengemudi terakhir.
  • Mode keempat, pengendara bisa mengetahui berapa lama total waktu berhenti dalam kondisi engine stop dan berapa total bahan bakar yang dihemat selama engine stop tersebut.
  • Mode kelima, tampilan jam dan tanggal yang mudah dibaca.
  • Mode keenam, informasi pergerakan kendaraan secara aktual dari posisi imaginal pusat gravitasi yang dapat dimanfaatkan untuk memantau gaya mengemudi.
  • Mode ketujuh, akan ditampilkan grafik visual dari torsi dan daya yang dihasilkan mesin saat dioperasikan.
  • Mode kedelapan, terlihat grafik akselerasi dan deselerasi selama berkendara.
  • Mode kesembilan, tampilan aliran energi yang disalurkan ke roda maupun disimpan ke dalam baterai Lithium-ion dapat terlihat dengan jelas, selain itu pengendara juga bisa
  • mengetahui berapa kapasitas daya listrik yang tersimpan pada baterai.

Adapun jika pengemudi memilih untuk lebih fokus dan konsentrasi saat berkendara, layar MID tersebut juga dapat diatur agar menjadi kosong tanpa tampilan informasi.

Baca juga: Uji Performa dan Konsumsi BBM Toyota C-HR Hybrid 2022

Sebagai informasi, saat ini All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport.

Berikut ini daftar harga Suzuki Ertiga Hybrid:

All New Ertiga SS-AT Rp 292.300.000
All New Ertiga SS-MT Rp 281.300.000
All New Ertiga GX-AT Rp 281.300.000
All New Ertiga GX-MT Rp 270.300.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.