Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub DKI Mulai Sita Motor yang Parkir Liar di Citayam Fashion Week

Kompas.com - 27/07/2022, 18:46 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengunjung yang memadati kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas atau yang kini disebut area peragaan busana dadakan ‘Citayam Fashion Week’ mulai meresahkan.

Pasalnya kendaraan pribadi mereka yang didominasi sepeda motor telah menyebabkan maraknya parkir liar.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat pun menyita sedikitnya 16 unit sepeda motor parkir liar di kawasan tersebut.

Baca juga: Sedan Mewah Bergaya Retro yang Dipakai Jokowi di Beijing, Harganya Rp 12 M

Petugas tampak memblokade area penyebrangan atau zebra cross yang biasa menjadi lokasi Citayam Fashion Week di Jalan Karang, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).  Petugas tampak memblokade area penyebrangan atau zebra cross yang biasa menjadi lokasi Citayam Fashion Week di Jalan Karang, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

Kepala Seksi Pengendalian Operasional (Dalops) Sudin Perhubungan Jakarta Pusat Ricky Hermawan, mengatakan, penertiban tersebut dilakukan karena sepeda motor diparkir di lahan bukan parkir resmi, tepatnya di sekitar Jalan Talang Betutu dan Tanjung Karang.

"Ada 16 kendaraan roda dua yang kami angkut. Mereka parkir di sekitar Jalan Talang Betutu, dekat lokasi CFW dan itu bukan lokasi parkir," ujar Ricky, disitat dari Antara, Rabu (27/7/2022).

Ricky mengakui bahwa saat dilakukan penertiban pada Selasa (16/7), sejumlah juru parkir liar melakukan protes kepada petugas gabungan.

Baca juga: Update Wacana Pengaturan Jam Kerja untuk Urai Kemacetan di Jakarta

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah juru parkir liar protes dengan membubarkan warga di sekitar Jalan Tanjung Karang, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Aksi tersebut dilakukan karena petugas menertibkan dan mengangkut kendaraan yang kedapatan parkir liar sehingga menyebabkan lalu lintas terhambat.

"Ya ada (protes), tetapi kami hanya menjalankan tugas terkait tertib parkir di tepi jalan, berdasarkan arahan Kasudin Perhubungan," kata Ricky.

Baca juga: Begini Strategi Agar Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah

Parkir liar di Jalan Tanjung Karang atau area Citayam Fashion Week terpantau tidak lagi ada setelah Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat melakukan penertiban, Rabu (27/7/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Parkir liar di Jalan Tanjung Karang atau area Citayam Fashion Week terpantau tidak lagi ada setelah Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat melakukan penertiban, Rabu (27/7/2022).

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga meminta pengunjung CFW di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, untuk menggunakan layanan transportasi umum karena tidak ada lahan parkir yang akomodatif di kawasan itu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menjelaskan ada lima layanan transportasi umum yang bisa dimanfaatkan pengunjung menuju Dukuh Atas yakni TransJakarta yakni di Halte Dukuh Atas, Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun Dukuh Atas, Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Sudirman.

Masyarakat dapat memarkirkan kendaraan pribadinya di stasiun atau kawasan parkir di dekat halte TransJakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com