Uji Performa dan Konsumsi BBM Toyota C-HR Hybrid 2022

Kompas.com - 27/07/2022, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor belum lama ini meluncurkan C-HR Hybrid versi 2022 yang mendapat minor change di eksterior maupun interiornya.

Sebagai mobil hybrid, C-HR bisa menjadi jembatan peralihan dari mesin konvensional ke mobil listrik. Karena mobil hybrid punya dua sumber tenaga, mesin bakar internal dan motor listrik.

Ketika kami rasakan dalam penggunaan sehari-hari, impresi yang dirasakan berbeda sekali dengan mobil konvensional.

C-HR Hybrid terasa halus dan hening di kecepatan rendah, sementara saat kecepatan tinggi tenaganya terasa cukup saja.

Baca juga: Sedan Mewah Bergaya Retro yang Dipakai Jokowi di Beijing, Harganya Rp 12 M

Toyota C-HR Hybrid 2022KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota C-HR Hybrid 2022

Berdasarkan pengetesan kami juga, akselerasi dari nol hingga 100 kpj bisa tuntas dalam 12,5 detik. Angka yang sebetulnya tidak begitu istimewa untuk mobil 1.800 cc.

Untuk diketahui, C-HR Hybrid mengusung teknologi paralel hybrid. Di mana mesin bakar internal dan motor listrik pada mobil ini bekerja secara bersamaan, karena sudah paten dan tidak dapat dipisah.

Jadi mau mobilnya melaju kencang, atau pelan, atau terjebak macet, kedua komponen akan saling bekerja untuk memperoleh efisiensi terbaik.

Baca juga: Update Wacana Pengaturan Jam Kerja untuk Urai Kemacetan di Jakarta

Hanya saja kecenderungannya mobil hybrid bakal lebih boros ketika dipakai melaju di rute luar kota dibandingkan dalam kota. Sebab saat terjebak macet atau jalan pelan, mesin barangkali hanya hidup sesekali, sambil dibantu tenaga dari baterai.

Sementara saat melaju di jalan tol dan dengan kecepatan tinggi, mesin bakal hidup terus untuk membantu akselerasi mobil.

Ketika diajak melaju di rute dalam kota sejauh 68,2 km yang didominasi kemacetan, konsumsi bahan bakar rata-rata yang dicatat oleh MID mobil ini sebesar 23,4 km per liter.

Baca juga: Beli Mobil Listrik Murah Ini jika Tidak Sesuai Uang Bisa Kembali

Hasil konsumsi BBM luar kota berdasarkan MID Toyota C-HR Hybrid 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hasil konsumsi BBM luar kota berdasarkan MID Toyota C-HR Hybrid 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.