Cara Mudah Mendeteksi Mobil Bekas Terendam Banjir

Kompas.com - 21/07/2022, 09:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Agar tak tertipu, sebelum membeli mobil bekas baiknya memastikan dulu bila unit benar-benar aman.

Tak hanya soal kelengkapan surat, tapi juga memastikan unit bukan bekas tabrakan atau pernah terendam banjir.

Namun bagi orang awam pastinya akan sulit membedakan, apalagi bila sudah urusan teknis seperti kelistrikan.

Perlua diketahui, membeli mobil bekas terendam banjir punya risiko terjadinya short cut atau korsleting

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Jangan Tergoda Kilometer Rendah

Untuk mengetahui soal kelistrikan, Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, mobil bekas banjir bisa diidentifikasi dari ruang kap mesin dengan melihat jalur perkabelan yang kadang masih terdapat sisa bekas lumpur. 

Foto udara sejumlah kendaraan roda empat terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022).  Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Foto udara sejumlah kendaraan roda empat terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.

"Kabel-kabel bodi yang masuk ke kabin mobil, harus teliti memeriksa soket dan celah-celah sempit," kata Syafruddin, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Tak hanya itu, lakukan juga pemeriksaan bagian-bagian penting lainnya pada mobil, seperti bagasi, sisi-sisi pintu, dan lainnya. 

Menurut Syafruddin, mobil yang pernah terendam banjir, akan timbul karat atau warna kusam pada bagian-bagian tesebut.

"Jika detail mengamati sisi tersembunyi bagian interior seperti reclaining jok, seatbealt bisa ditemukan bekas karat," ujarnya. 

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Kehadiran S-Presso di Indonesia

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

Senada, Albert Pedagang Mobil Bekas Carsentro Supriyadi juga mengatakan, aroma interior kabin mobil bekas banjir juga cenderung tak sedap dan lembap. 

"Bagian jok dan karpet mobil bekas banjir walau sudah di salon atau rekondisi menyeluruh tetap saja meninggalkan aroma tidak sedap," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.