Perbedaan Mobil Penggerak AWD dan 4WD, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 20/07/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, ada empat jenis penggerak roda mobil. Di antaranya adalah front wheel drive (FWD) atau penggerak depan, rear wheel drive (RWD) atau penggerak belakang, serta all wheel drive (AWD) dan four wheel drive (4WD) yang keempat rodanya memiliki penggerak.

Contoh mobil yang menggunakan sistem penggerak AWD adalah mobil-mobil di segmen sport utility vehicle (SUV). Sedangkan 4WD biasa digunakan pada mobil yang berukuran lebih besar, misalnya mobil double cabin.

Namun, ada perbedaan yang mendasar antara AWD dengan 4WD. Berikut ini adalah perbedaan AWD dengan 4WD.

Baca juga: Kebiasaan Pengemudi yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

All wheel drive

All wheel drive atau AWD merupakan sistem penggerak mobil di mana keempat rodanya memiliki penggerak atau mendapatkan traksi secara independen. 

Dengan penggerak AWD, mobil secara otomatis mesin akan menggerakkan keempat rodanya saat sedang berjalan. Tidak ada opsi bagi pengemudi untuk memilih menggunakan hanya penggerak depan atau belakang saja.

Keuntungan dari menggunakan AWD, kerja roda menjadi lebih maksimal karena masing-masing roda mendapatkan tenaga dari mesin. Ketika terjadi selip pada satu roda, tenaga dialihkan ke bagian roda lain sehingga mobil dapat tetap berjalan stabil.

Namun kekurangannya, mobil AWD cenderung lebih boros bensin ketimbang mobil dengan penggerak lain. Karena, sistem ini permanen untuk menggerakkan keempat roda mobil.

"Pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga roda dua atau roda empat, karena sistemnya permanen untuk roda empat," ucap Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polisi Imbau Segera Blokir Data STNK Setelah Jual Kendaraan

Four wheel drive

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.