Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kerugian Mobil jika Terendam Banjir

Kompas.com - 20/07/2022, 15:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir menjadi musuh nyata bagi kendaraan. Terlebih lagi pada mobil modern terdapat berbagai komponen yang dilengkapi dengan perangkat elektronik.

Maka dari itu, solusi terbaik bila ada genangan air, yaitu berusaha menghindar karena risikonya sangat besar meski hanya sekadar melintas.

Banjir pada akhir pekan lalu di Tangerang dan sekitarnya cukup banyak menelan korban. Pasalnya, di beberapa bengkel mulai masuk kendaraan yang mengeluhkan kebanjiran.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Transmisi Mobil Bisa Jebol Saat Terjang Banjir?

Banjir merendam sebuah jalan di Kota Masohi, Minggu (17/7/2022)Foto dok warga Banjir merendam sebuah jalan di Kota Masohi, Minggu (17/7/2022)

Kerugian mobil yang terendam banjir cukup beragam, tergantung dari seberapa tinggi air yang merendam mobil tersebut. Begitu juga bila mobil tersebut hanya melintasi genangan air, maka tingkat kerugiannya akan berbeda dengan mobil yang terendam.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan mengatakan, antara terendam dan melintasi itu berbeda, karena terendam bisa terjadi cukup lama, berbeda dengan melintas yang hanya sebentar, itu berpengaruh pada ketahanan komponen pada mobil.

“Kerugiannya cukup beragam ya, tergantung dari seberapa lama mobil itu terendam sampai mendapatkan pertolongan (dibongkar dan dibersihkan semua komponen yang basah), jika hanya lewat saja, tanpa mogok, sih kemungkinan masih aman, paling karpet basah” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Jangan Lakukan Ini pada Mobil yang Terendam Banjir

Luapan Kali Buk di Jalan Raya Pitara, Pancoran Mas, Depok, meluap ke badan jalan pada Jumat (15/7/2022). Imbasnya sejumlah pengendara motor mogok akibat nekat melintasi banjir.M Chaerul Halim Luapan Kali Buk di Jalan Raya Pitara, Pancoran Mas, Depok, meluap ke badan jalan pada Jumat (15/7/2022). Imbasnya sejumlah pengendara motor mogok akibat nekat melintasi banjir.

Dia mengatakan cara yang paling tepat untuk menangani mobil mogok adalah segera melakukan tindakan agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah karena keganasan sifat air terhadap komponen logam dan elektronik.

Seperti yang diketahui air memiliki daya kapilaritas sehingga dia bisa merambat. Dari awalnya yang basah karpetnya saja, bisa merambat ke komponen-komponen yang bersentuhan dengan karpet seperti modul air bag, sound system dan lain sebagainya. Maka benar saja, jika Agus menyarankan untuk segera dibongkar dan dikeringkan

“Kalau mobil terendam cukup lama, terus tidak segera dibersihkan dan dikeringkan itu mudah rusak semua jadinya. Seperti kaki-kaki, bearing roda, rem itu bisa korosi bahkan usianya menjadi pendek, bearing roda rawan bunyi dan sebagainya,” ucap Agus.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

Tol BSD KM 8 kembali terendam pasca hujan deras, sehingga menimbukan kemacetan parah. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya pada Jumat (15/7/2022) menyebabkan sejumlah titik terendam banjir. Tol BSD KM 8 kembali terendam pasca hujan deras, sehingga menimbukan kemacetan parah. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya pada Jumat (15/7/2022) menyebabkan sejumlah titik terendam banjir.

Dia juga mengatakan jika ketinggian air yang merendam mobil semakin tinggi, itu dapat semakin menambah daftar kerugian. Seperti sistem kemudi, jok, mesin, transmisi, komponen kelistrikan, bodi kendaraan, trim, plafon, hingga audio.

Dia juga mengatakan jika mobil sempat mogok di genangan air, itu cukup berbahaya karena kemungkinan air masuk ke ruang bakar lewat saluran masuk dan terjadi water hammer.

“Solusi terbaiknya jika ketemu genanan air ya puter balik saja, menghindar, itu lebih minim risiko, karena ketika sudah masuk ke genangan air, itu kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi setelahnya,” ucap Agus.

Baca juga: Mobil Transmisi Matik Terabas Banjir, Ini Komponen yang Rawan Rusak

Jalan trans sulawesi sepanjang satu kilometer terendam banjir, akibatnya kendaraan dari dua arah terpaksa mengantri untuk melewati genangan akibat banjir, Kamis (07/07/2022) petang..KOMPAS.com/MUH. AMRAN AMIR Jalan trans sulawesi sepanjang satu kilometer terendam banjir, akibatnya kendaraan dari dua arah terpaksa mengantri untuk melewati genangan akibat banjir, Kamis (07/07/2022) petang..

Dia juga mengingatkan bahwa ada beberapa jenis mobil yang dibekali saluran udara yang bercabang menuju bawah, sehingga ketinggian air yang tidak seberapa juga bisa berpeluang masuk ke ruang bakar.

Berikut ini daftar kerugian yang mungkin terjadi bila mobil tergenang dalam air atau banjir;

Kaki-kaki mudah rusak atau korosi
Rem macet
Bearing roda bunyi
Karpet dasar bau
Elektrikal rusak
Mesin jebol
Transmisi kemasukan air
Jok kendaraan bau
Audio rusak
Air bag rusak
Bodi kendaraan karatan
Kompresor Ac rusak
Motor power window rusak
Dan lain sebagainya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com