Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

Kompas.com - 13/07/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada GIIAS 2021, Isuzu Indonesia merilis generasi terbaru dari Mu-X dan ditujukan sebagai kendaraan niaga yang cocok dibawa ke area proyek di daerah terpencil.

Bagi pemilik Mu-X yang mau tampil beda, modifikasi dari Arctic Trucks asal Rusia bisa menjadi referensi. Ubahan yang dilakukan juga sebenarnya tidak begitu banyak namun punya pengaruh yang besar pada performa off road.

Dikutip dari Carscoops.com, produk dari Arctic Trucks ini diberi nama Isuzu Mu-X AT 35. Bisa dilihat dari namanya, ubahan paling signifikan adalah penggunaan ban A/T atau All Terrain berukuran 35 inci (315/70 R17) di keempat rodanya.

Baca juga: Bikin Isuzu MU-X Makin Sporty, Modal Rp 7 Jutaan

Isuzu Mu-X racikan Arctic TrucksCARSCOOPS.COM Isuzu Mu-X racikan Arctic Trucks

Untuk mengakomodasi ban yang raksasa, Arctic Trucks menambah over fender di depan dan belakang. Kemudian, dipasang juga snorkel yang dicat sewarna bodi, memberi kesan elegan namun fungsional.

Selain itu, dipasang juga mud guard, skid plate di kolong bodi, dan winch electric yang punya daya tarik sampai 5,6 ton.

Lalu, pada bagian kaki-kaki dikombinasikan dengan suspensi heavy-duty yang membuat tongkrongan Mu-X jadi lebih tinggi. Ground clearance yang awalnya 235 mm naik jadi 278 mm.

Baca juga: PO Juragan 99 Punya 2 Bus Tingkat Baru dengan Kabin Supermewah


Bodi yang duduk lebih tinggi dari versi standar memberi rasa percaya diri pengemudi ketika melibas medan off road. Apalagi untuk approach dan departure angle dari Mu-X membaik setelah ditinggikan.

Lebih detail, approach angle Mu-X standar hanya 29,2 derajat, sedangkan versi Arctic Trucks jadi 36.2 derajat. Begitu pun departure angle yang standar cuma 26,9 derajat jadi 30,9 derajat.

Sedangkan untuk sektor dapur pacu, Arctic Trucks tidak memberi ubahan. Jadi hanya memakai mesin standar dari Isuzu, yakni 3.000 cc turbo dengan transmisi otomatis atau 1.900 cc turbo dengan pilihan transmisi manual enam percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.