Kompas.com - 13/07/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor dari warna dasar hitam ke putih mulai diberlakukan.

Salah satunya Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan (Sumsel) yang mulai mengeluarkan TNKB atau pelat nomor berwarna putih untuk kendaraan roda dua, tiga dan empat pada 2022.

Aturan penerbitan TNKB ini mengacu pada peraturan Polri Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra mengatakan, penerapan ini dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Respons Transmisi Matik Lambat, Coba Cek Komponen Ini

“Untuk tahap awal pelaksanaannya mulai berlaku pada kendaraan roda 2 dan 3 per Juli 2022. Adapun proses kendaraan baru, dan kendaraan lama yang TNKB-nya masih berlaku tetap bisa dipakai hingga masa berlakunya habis,” ucap Pratama dikutip dari keterangan resmi, Rabu (13/6/2022).

Kemudian, khusus untuk kendaraan roda empat, pelat nomor atau TNKB baru ini akan dikeluarkan Agustus 2022 mendatang.

“Aturannya sama dengan ketentuan yang berlaku pada kendaraan roda dua maupun roda tiga,” katanya.

Sementara bagi masyarakat yang membeli kendaraan baru, tetap memungkinkan akan diberi pelat nomor yang lama sembari menghabiskan stok material yang masih ada.

“Kami juga mengimbau masyarakat khususnya di Sumsel tidak dibenarkan untuk mengubah warna pelat kendaraannya sendiri. Sebab, akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” kata Pratama.

Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan sepeda motor dengan pelat nomor putih tulisan hitam yang ramai di media sosial.

Sebelumnya, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin mengatakan, pelat atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berwarna putih mulai digunakan jika bahan untuk pelat berwarna hitam sudah habis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.