Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Iduladha, Ini Jam Operasional Shuttle Bus Menuju JIS

Kompas.com - 09/07/2022, 16:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta akan lakukan pengaturan lalu lintas dan menyiapkan armada transportasi public untuk agenda salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Minggu (10/7/2022).

Aturan tersebut guna mempermudah dan kenyamanan mobilitas masyarakat menuju dan dari JIS. Sebagai informasi, jam operasional Shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30 – 10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jemaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

Baca juga: Alasan Kenapa Motor Injeksi Tak Perlu Lama-lama Dipanaskan

Armada Transjakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB berikut ini :

1. Transjakarta JIS 014 (Senen – JIS)
2. Transjakarta JIS 003 (Harmoni – JIS)
3. Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW)
4. JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam)

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menerapkan pembatasan lalu lintas umum menuju JIS pada pukul 04.30 – 10.00 WIB pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk atau keluar maupun transportasi publik.

“Kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion ataupun di luar stadion,” katanya dikutip dari ntmcpolri.info, Sabtu (9/7/2022).

Perlu diketahui, di dalam tempat parkir tersebut tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP).

Ribuan masyarakat menghadiri Festival Beduk dalam rangka menyambut malam Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Minggu (1/5/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Ribuan masyarakat menghadiri Festival Beduk dalam rangka menyambut malam Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Minggu (1/5/2022).

 

Selanjutnya, terdapat 5 kantong parkir di sekitar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah yang berada di beberapa tempat yakni di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran).

Baca juga: Saat Motor Matik Mulai Brebet dan Hilang Tenaga, Cek Kondisi TPS

“Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir,” kata Liputo. 

Di sisi lain, Liputo mengimbau masyarakat untuk mematuhi arahan petugas yang nantinya akan memberikan petunjuk.

“Jadi dimohon untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama,” kata Liputo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com