Ini Kebiasan Ngecas Ponsel yang Bikin Aki Motor Berusia Pendek

Kompas.com - 04/07/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Beberapa sepeda motor modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap. Salah satunya pengisian baterai ponsel.

Meski begitu, ternyata banyak menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian pemilik. Terutama, soal apakah nanti bisa mempersingkat usia aki yang alias lebih cepat soak. 

Nah, menjawab permasalahan tersebut, Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin mengatakan, sesuai standar pabrikan voltase suplai energi listrik telah di perhitungkan. 

Baca juga: Bikin Rugi, Jangan Semprot Kompresor Saat Ganti Oli Mesin Motor

"Voltase minimum dan maksimum dibutuhkan charging telah dikalkulasi. Fitur charging ponsel arus DC sesuai petunjuk teknis sebesar 12 V, jika lebih bisa jadi ada kebocoran arus," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022). 

Tapi untuk lebih amannya, Rofiudin menyarankan pemilik motor juga memahami dampak negatif dari kesalahan pemakaian fitur charging tersebut.

Umumnya, pemilik motor suka melakukan pengisian daya pinsel dalam keadaan mesin motor yang mati. Efeknya, isi daya aki berkurang dan memperpendek usia pakai. 

Fitur power outlet sudah lumrah dipakai di motor ber cc kecil- Fitur power outlet sudah lumrah dipakai di motor ber cc kecil

"Sumber energi listrik ketika motor diam hanya bisa didapat dari aki. Charge motor saat kondisi mesin motor mati dapat mempercepat aki menjadi soak karena konsumsi yang terlalu tinggi," tambahnya. 

Rofiudin menjelaskan, agar pengisian daya lebih efektif dan voltase aki tetap stabil pemilik motor sebaiknya tidak mengoperasikan ponsel selama proses pengisian daya

"Presentase konsumsi daya ketika hp digunakan bisa saja lebih besar dari daya yang sedang diisikan ulang," ucap Rofiudin.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.