Apa Benar, Kunci Setang Motor Belok Kanan Sulit Dibobol Maling?

Kompas.com - 04/07/2022, 15:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Aksi pencurian sepeda motor masih marak terjadi. Beragam modus operasi dilakukan, salah satunya yang banyak terjadi menggunakan kunci T untuk merusak rumah kunci. 

Para pelaku biasanya memilih target skutik atau motor lain yang minim fitur pengaman anak kunci. Dengan demikian, gampang untuk dibobol.

Karena itu, pemilik motor baiknya hati-hati bila sedang parkir di luar, usahakan memberikan pengaman tambahan.

Sementara untuk tips jitu lainnya adalah dengan cara mengunci setang ke arah kanan. Posisi dianggap lebih aman ketimbang ke arah kiri lantaranya bisa menyulitkan pencuri untuk beraksi. 

Baca juga: Bikin Rugi, Jangan Semprot Kompresor Saat Ganti Oli Mesin Motor

Skutik adventure WMoto Extreme 150i, saingan Honda ADV 150Dok. Paultan.org Skutik adventure WMoto Extreme 150i, saingan Honda ADV 150

Menurut Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin, kunci setang ke arah kanan lebih menyulitkan pelaku pencurian karena memerlukan waktu lebih banyak.  

"Kalau bobol lubang kunci belok kiri lebih gampang, susahnya kalau posisi belok kanan biasanya ketika memasukkan kunci T untuk merusak lubang kunci pelaku pencuri akan kesulitan," ucap Rofiudin, kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022). 

Baca juga: Bikin Rugi, Jangan Semprot Kompresor Saat Ganti Oli Mesin Motor

Lebih lanjut Rofiuding menjelaskan, bedanya kunci setang belok kiri dan belok kanan utamanya pada celah memasukkan kunci T ke dalam lubang anak kunci yang sangat terbatas. 

Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Honda Scoopy
Foto: KOMPAS.com/Dio Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Honda Scoopy

"Jika posisi setang dikunci ke kiri. Pada posisi ini, lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Waktu untuk membobol lubang kunci pun relatif lebih cepat," ujarnya. 

Meski begitu, Rofiudin tetap menyarankan para pemilik sepeda motor matik untuk memasang fitur kunci pengaman ganda ketika parkir di tempat sepi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.