Bikin Rugi, Jangan Semprot Kompresor Saat Ganti Oli Mesin Motor

Kompas.com - 04/07/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ritual ganti oli mesin merupakan perawatan umum bagi pemilik sepeda motor.

Biasanya dilakukan tiap menempuh jarak 2.500 - 3.000 kilometer (km), sistem pelumasan mesin telah mengalami perubahan dan perlu diganti. 

Namun dalam pergantian oli, tak hanya penting memilih yang tepat, tapi juga wajib melakukan dengan cara yang sesuai.

Lantaran tak jarang ada bengkel-bengkel yang asal main semprot dengan tekanan udara kompresor saat melakukan pergantian oli. Alasannya agar sisa oli pada blok mesin bisa keluar.  

Baca juga: Update Harga Oli Motor Matik Juni 2022

Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin mengatakan, bengkel resmi tak merekomendasikan metode pergantian oli dengan menyemprotkan kompresor.

 

Hal tersebut karena ada potensi udara yang masuk dan dibiarkan bisa berubah jadi gelembung uap air

"Kompresor menyerap udara misal tidak ada perawatan di kompresor dikhawatirkan ada air masuk ke dalam blok mesin," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/7/2022). 

Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.

Rofiuding menjelaskan, sesuai prosedur standar perbaikan dan perawatan pabrikan pergantian oli yang aman adalah dengan mendiamkan sirkulasi oli bekas dari dalam mesin turun dengan sendirinya. 

"Di tap, tanpa perlu disemprot pakai kompresor, bila oli keluar dari baut tap pembuangan di tunggu sampai oli habis dengan sendirinya," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.