Cara Sederhana Cegah Tangki BBM Motor Karatan

Kompas.com - 03/07/2022, 18:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi para pemilik sepeda motor, penyakit tangki bahan bakar minyak (BBM) yang berkarat atau korosi menjadi permasalahan yang menjengkelkan.

Biasanya, penyakit ini kerap melanda jenis motor sport yang lebih sering mengidap penyakit ini. Sebab jika korosi sudah parah, kebocoran bisa saja terjadi.

Baca juga: Update Harga Aki Mobil Per Juli 2022

Apabila kebocoran tangki BBM sudah tidak bisa diperbaiki, satu-satunya solusi hanyalah mengganti tangki BBM dengan yang baru dan tentu butuh dana lebih banyak.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan bahwa salah satu tips mencegah tangki BBM berkarat yang paling sederhana adalah mengisinya hingga penuh.

"Isi bahan bakar secara full tank dan jangan biarkan bahan bakar mengendap di dalam tangki terlalu lama," kata Asep saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pasalnya di dalam tangki bisa terjadi proses pengembunan jika sering dibiarkan kosong. Embun lantas menghasilkan air yang bisa menyebabkan karat dan korosi pada material logam tangki BBM.

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU Yos Sudarso, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (5/4/2022).ANTARA FOTO/MAKNA ZAEZAR via BBC INDONESIA Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU Yos Sudarso, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (5/4/2022).

Asep menyarankan agar jangan menganggurkan sepeda motor, hal tersebut akan membuat bensin mengendap di tangki hingga hitungan pekan bahkan bulanan.

Disarankan untuk rutin memanaskan mesin motor minimal satu kali sehari. Cara tersebut akan membuat bahan bakar yang tersimpan dapat tidak mengendap dalam jangka waktu lama.

"Timbulnya karat di bagian dalam tangki terjadi secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya, karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan," kata Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.