Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 17:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor mogok merupakan kondisi yang dapat menimpa pengendara roda dua dimana saja dan kapan saja. Mogok di tengah jalan menjadi kondisi yang amat menjengkelkan bagi pengendara motor.

Jika kondisi lalu lintas tengah padat-padatnya, tentunya situasi ini dapat menimbulkan kepanikan bagi pengendara. Padahal bila alami panik akan merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani membagikan tips aman dan etika yang perlu dilakukan jika alami motor mogok tengah jalan.

Baca juga: Putar Balik Sembarangan, Motor Dihajar dari Belakang

“Jika terjadi mogok mendadak, kita harus segera memindahkan kendaraan ke tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya. Bisa dengan mendorong ke sisi yang tidak dilewati oleh kendaraan lain,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Agar lebih mudah terlihat pengguna jalan lain, pengendara motor bisa menyalakan lampu sein saat sedang mendorong kendaraanya sebagai isyarat hendak menepi.


Jangan lupa untuk tetap melihat situasi sekitar agar tidak sembarangan memotong jalur laju kendaraan lain.

Kemudian, jangan memaksakan untuk menyalakan motor yang mogok di tengah jalan. Tindakan tersebut justru akan mengganggu lalu lintas.

 

Sejumlah sepeda motor mogok saat melewati banjir di Jalan Budi Jaya, Kebun Jeruk, Jakarta, Senin (9/2/2015). Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah tempat di ibu kota terendam banjir.KOMPAS / LASTI KURNIA Sejumlah sepeda motor mogok saat melewati banjir di Jalan Budi Jaya, Kebun Jeruk, Jakarta, Senin (9/2/2015). Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah tempat di ibu kota terendam banjir.

Tidak hanya itu, pengendara akan lebih mudah panik jika sudah ada beberapa kendaraan lain menunggu di belakangnya sambil membunyikan klakson. Artinya, pengendara motor yang alami mogok konsentrasinya makin terpecah.

Baca juga: MotoGP Libur Musim Panas Sampai 7 Agustus 2022

“Jangan terlalu memaksakan untuk menghidupkan mesin tanpa memikirkan pengguna jalan lainnya,” kata Agus.

Maka dari itu, mendorong sepeda motor yang bermasalah ke tepi jalan akan membuat pengendara bisa lebih fokus mengecek kondisi motor yang ditungganginya. Tindakan tersebut juga lebih memudahkan orang lain yang hendak menolong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com