Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai atau aki pada kendaraan memiliki batas usia dalam pemakaiannya. Hal ini tergantung pada pemakaian dan perawatan yang dilakukan oleh sang pemilik namun umumnya mencapai 1 sampai 1,5 tahun.

Sebelum komponen penyimpanan energi listrik itu benar-benar tidak bisa digunakan, biasanya akan muncul gejala-gejala yang tidak beres. Salah satunyanya adalah aki sudah tidak kuat lagi digunakan untuk menyalakan mesin.

Jika sudah mendapati gejala tersebut, sebaiknya pemilik mobil segera melakukan penggantian dengan aki yang baru.

Baca juga: Apa Jadinya Bila Mobil CVT Salah Isi Oli Transmisi?

Dalam melakukan penggantian aki pemilik mobil tidak perlu datang ke bengkel, karena bisa dilakukan penggantian sendiri di rumah.

Hanya saja, saat akan melakukan penggantian ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sehingga, baterai yang digunakan bisa bekerja optimal dan sesuai dengan spesifikasi mobilnya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna membagikan tips bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan penggantian aki di rumah.

“Lakukan penggantian aki sesuai dengan standar, tidak lebih besar dan juga tidak lebih kecil,” ucap Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Selain itu, tidak semua mobil menggunakan tipe aki yang sama, salah satunya adalah posisi kutub positif (+) dan negatif (-) nya. Ada yang menggunakan baterai dengan pole negatifnya berada di sebelah kiri atau pun sebaliknya.

“Kode posisi pol ini bisa dilihat dari kode baterai yakni tipe L (left) yakni kutub negatifnya berada di sebelah kiri dan tipe ZL kutub negatifnya berada di sebelah kanan,” kata dia.

Jika sampai terbalik, maka akan susah memasangnya karena kabel yang akan dipasang pada pole tidak akan sama atau kurang panjang.

Tak kalah penting untuk diperhatikan saat melakukan penggantian baterai sendiri adalah tegangan listriknya atau voltasenya.

“Hal ini karena voltase pada baterai juga tidak sama ada yang 12 volt, 6 volt atau 24 volt. Maka dari itu jika melakukan penggantian aki voltasenya harus sama,” kata Suparna.

Terkakhir adalah memperhatikan ukuran pole dan domensi aki. Jangan sampai ukurannya lebih besar atau lebih kecil, sehingga menyulitkan saat pemasangan.

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per Juli 2022.

Baca juga: Apa Jadinya Bila Mobil CVT Salah Isi Oli Transmisi?

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mistubishi Xpander

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com