Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Performa dan Konsumsi BBM Wuling Cortez

Kompas.com - 03/07/2022, 13:05 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - New Cortez yang meluncur pada Maret tahun lalu cukup memikat di pasar MPV nasional. Harga yang terjangkau (mulai Rp 273 juta) ditunjang fitur berlimpah membuat produk merek China ini cukup dilirik konsumen.

Setelah membahas tentang eksterior dan interior, kini tim redaksi akan membahas tentang performa dan konsumsi bahan bakar dari New Cortez.

Menyoal jantung pacu, New Cortez dibekali dengan mesin 1.451 cc turbocharger 4 silinder DOHC DVVT, yang mampu menghasilkan tenaga 140 hp pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.600 rpm.

Baca juga: Mengulik Interior Wuling Cortez, Nyaman Untuk Pengemudi dan Penumpang

Daya tersebut ditransfer melalui transmisi CVT 8 percepatan ke penggerak roda depannya.

Dengan mesin 1.451 cc, New Cortez memiliki tenaga yang cukup untuk pemakaian harian, torsinya sudah terasa di rpm rendah, sehingga tak perlu menginjak pedal gas lebih dalam-dalam.

Hasil konsumsi BBM New CortezKompas.com/ApridaMegaNanda Hasil konsumsi BBM New Cortez

Bicara soal konsumsi BBM, pada pengetesan dalam kota mobil ini cukup irit, yakni 10,2 kilometer per liter (kpl).

Kondisi jalan yang dilalui bervariasi, namun didominasi dengan macetnya jalan Ibu Kota, rutenya dari Jakarta Barat ke Jakarta Selatan, lalu lanjut memutari Bundaran HI.

Selanjutnya untuk konsumsi bahan bakar luar kota, New Cortez mampu mencatatkan konsumsi BBM 13,2 kpl dengan jarak total 111,5 km.

Catatan tersebut didapat dengan kondisi jalan tol Jagorawi yang cukup lenggang pada siang hari, dengan gaya berkendara juga cenderung lebih santai.

Race LogicKompas.com/ApridaMegaNanda Race Logic

Selain konsumsi BBM, redaksi juga mencoba performa akselerasi 0-100 kpj pakai Racelogic. Hasilnya, MPV Wuling yang cukup besar dimensinya ini mencatatkan waktu 13,2 detik dari 0 sampai 100 kpj.

Baca juga: Begini Tanda Aki Mobil Soak Minta Diganti

Pengujian tersebut dilakukan sambil membawa dua orang penumpang, jadi ada tiga orang penumpang di dalam kabin. Selain itu, catatan waktu 0 kpj sampai 60 kpj dibutuhkan waktu 6,2 detik saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com