Kompas.com - 02/07/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin ATF Changer merupakan alat bantu dalam melakukan flushing oli matik pada mobil. Tersusun dari pompa dan dua buah tabung untuk menampung oli bekas dan oli baru.

Cara kerjanya sendiri cukup sederhana, yaitu dengan menyambungkan saluran buang oli matik pada transmisi ke saluran masuk mesin ATF Changer dan menyambungkan saluran keluar mesin ATF Changer dengan saluran masuk oli matik pada transmisi.

Alat tersebut akan memompa oli matik baru sekaligus menampung oli bekas dari transmisi secara bersamaan. Sehingga proses flushing berlangsung jauh lebih praktis dan cepat.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Ganti dan Kuras Oli Matik

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

Hanya saja tidak semua bengkel mobil memiliki mesin ini, sehingga terkadang dijumpai proses flushing tanpa menggunakan mesin ATF Changer.

Nah, permasalahannya apakah hal itu aman untuk dilakukan?

Foreman Nissan BIntaro, Ibrohim mengatakan, melakukan flushing tanpa menggunakan mesin ATF Changer bisa dilakukan dan cukup aman, hanya saja caranya menjadi lebih ribet dan lama.

“Bisa saja (melakukan flushing tanpa mesin ATF Changer), aman, cuma prosesnya menjadi lebih lama,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Ini Penyebab Oli Matik pada Mobil Berkurang

Dealer dan bengkel Toyota Kartika Sari yang berada di Kota Malang, Jawa TimurNugraha Perdana Dealer dan bengkel Toyota Kartika Sari yang berada di Kota Malang, Jawa Timur

Misal ingin flushing oli matik dengan 12 liter oli tanpa mesin ATF Changer, maka proses pengurasan dan pengisian membutuhkan 3 tahapan. Kalau memakai mesin ATF Changer cukup satu kali tahapan, 12 liter oli matik itu bisa disirkulasikan tanpa ada jeda.

Kendati demikian, melakukan flushing dengan tanpa mesin ATF Changer tetap aman selama prosesnya benar dan dilakukan oleh ahlinya. Maka dari itu, penting menentukan bengkel yang mana untuk melakukan flushing oli matik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.