Kapan Waktu yang Tepat Untuk Flushing Oli Matik?

Kompas.com - 02/07/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik semakin digemari konsumen Indonesia. Salah satu cara merawat mobil dengann transmisi matik adalah dengan melakukan flushing atau kuras oli matik.

Metode ini bukan sekadar melakukan penggantian oli, namun dilakukan semacam pembilasan.

Seperti yang diketahui setiap benda yang bergesek pasti akan mengalami aus pada masanya. Tidak terkecuali kampas kopling dalam transmisi matik, pasti perlahan-lahan akan mengalami aus.

Berhubung kampas kopling bisa aus, maka sudah semestinya akan ada kotoran berupa debu halus sebagai sisa gaya gesek tersebut. Meski sangat kecil, namun lama kelamaan akan terkumpul dan bisa mengubah warna oli matik menjadi lebih gelap.

Baca juga: Ini Penyebab Oli Matik pada Mobil Berkurang

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

Jika demikian, itu berarti sudah waktunya untuk transmisi matik melakukan flushing atau pengurasan oli secara total.

Pemilik Worner Matic spesialis transmisi matic, Hermas Efendi Prabowo mengatakan, flushing sebaiknya dilakukan setelah oli matik kotor atau oli sudah tidak mampu bekerja dengan baik sekalipun warnanya masih merah.

“Jangan terkecoh dengan warna oli matik, beberapa ada yang warna merahnya awet,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Ganti dan Kuras Oli Matik

Promo servis mobil dari Mazda Indonesia jelang LebaranDok. Eurokars Motor Indonesia Promo servis mobil dari Mazda Indonesia jelang Lebaran

Dia mengatakan selain melihat dari kondisi oli matiknya juga bisa dengan melakukan perhitungan jarak yang ditempuh. Untuk mobil yang biasa digunakan di kota yang banyak dijumpai macet seperti Jakarta, pihaknya menyaran melakukan flushing oli matik di kelipatan 20.000 Km sampai 25.000 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.