Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Harus Menggunakan Mesin ATF Changer untuk Flushing Oli Matik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin ATF Changer merupakan alat bantu dalam melakukan flushing oli matik pada mobil. Tersusun dari pompa dan dua buah tabung untuk menampung oli bekas dan oli baru.

Cara kerjanya sendiri cukup sederhana, yaitu dengan menyambungkan saluran buang oli matik pada transmisi ke saluran masuk mesin ATF Changer dan menyambungkan saluran keluar mesin ATF Changer dengan saluran masuk oli matik pada transmisi.

Alat tersebut akan memompa oli matik baru sekaligus menampung oli bekas dari transmisi secara bersamaan. Sehingga proses flushing berlangsung jauh lebih praktis dan cepat.

Hanya saja tidak semua bengkel mobil memiliki mesin ini, sehingga terkadang dijumpai proses flushing tanpa menggunakan mesin ATF Changer.

Nah, permasalahannya apakah hal itu aman untuk dilakukan?

Foreman Nissan BIntaro, Ibrohim mengatakan, melakukan flushing tanpa menggunakan mesin ATF Changer bisa dilakukan dan cukup aman, hanya saja caranya menjadi lebih ribet dan lama.

“Bisa saja (melakukan flushing tanpa mesin ATF Changer), aman, cuma prosesnya menjadi lebih lama,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Misal ingin flushing oli matik dengan 12 liter oli tanpa mesin ATF Changer, maka proses pengurasan dan pengisian membutuhkan 3 tahapan. Kalau memakai mesin ATF Changer cukup satu kali tahapan, 12 liter oli matik itu bisa disirkulasikan tanpa ada jeda.

Kendati demikian, melakukan flushing dengan tanpa mesin ATF Changer tetap aman selama prosesnya benar dan dilakukan oleh ahlinya. Maka dari itu, penting menentukan bengkel yang mana untuk melakukan flushing oli matik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/02/112200915/apakah-harus-menggunakan-mesin-atf-changer-untuk-flushing-oli-matik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke