Untung atau Rugi Melakukan Ritual Angkat Wiper Saat Parkir?

Kompas.com - 01/07/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yag gemar melakukan ritual mengangkat wiper saat sedang parkir, terutama ketika menempati area terbuka di siang hari. 

Salah satu alasan kenapa kebiasaan tersebut dilakukan adalah untuk menjaga usia karet wiper, yakni agar tak cepat rusak saat terkena panas dari kaca imbas sinar matahari.

Meski begitu, kebiasaan ini ternyata memiliki efek samping pada keawetan sejumlah komponen lainnya.

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto mengatakan, nilai plus mengangkat wiper ketika parkir siang hari bisa membuat karet tidak cepat getas. 

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Ganti Cairan Wiper Apalagi Pakai Sabun

"Posisi wiper diangkat ketika parkir di siang bolong karet lebih awet karena tidak menempel kaca," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/6/2022). 

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Namun demikian, Teguh menjelaskan, ada risiko dari kebiasaan mengangkat wiper, yakni dapat membuat spring pegasnya melemah.

Gagang wiper yang berdiri tegak lurus dalam durasi waktu yang lama membuat posisi spring penyangga riskan goyang diterpa angin. 

Lebih aman, lanjut Teguh, ketika parkir siang hari di tempat terbuka, sebaiknya pengemudi cukup memberi lapisan kertas pada karet. 

Baca juga: Catat, Kriteria Kendaraan yang Tidak Boleh Beli Pertalite dan Solar

"Posisi parkir wiper dibiarkan saja, tetapi jangan terlalu lama sampai beberapa hari," ujarnya.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Selain itu, Teguh juga menyinggung tentang perawatan wiper terutama bagian karet, nozzle, dan dinamo.  Caranya, dengan menyalakan wiper sebentar dengan interval sekitar 5 kali sapuan pada kaca. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.