Jorge Lorenzo Sebut Quartararo Masih Sering Blunder

Kompas.com - 30/06/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP Jorge Lorenzo menyikapi penampilan Fabio Quartararo di tengah musim pertama. Menurutnya Quartararo masih sering melakukan blunder yang merugikan diri sendiri.

Seperti diketahui di GP Belanda, Quartararo melakukan kesalahan berusaha menyalip pebalap Aprilia Aleix Espargaro. Tindakannya itu membuatnya terkena long lap penalty di GP Inggris mendatang.

Kemudian karena dia terjatuh di akhir-akhir lomba dan tidak bisa finis, catatan poinnya tidak bertambah. Sedangkan, Aleix justru finis keempat dan menambah poin. Jarak poin keduanya kini hanya 21 poin.

Baca juga: DAMRI Sudah Angkut Lebih dari 600.000 Penumpang di Juni 2022

Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022.

Bicara di atas kertas, Aleix punya kesempatan untuk bertarung memperebutkan gelar juara dunia 2022. Peluang yang sebetulnya tidak akan tercipta jika Quartararo lebih konsisten dan tidak gegabah saat balapan.

“Jika Fabio terus tidak melakukan kesalahan, mustahil bagi Aleix dan Bagnaia untuk mengalahkannya," kata Lorenzo mengutip Tuttomotoriweb.it, Kamis (30/6/2022).

"Tapi jika dia tidak melupakan kesalahan Assen dan mulai melakukan kesalahan lagi. Mari kita lihat di Silverstone kapan dia harus melakukan penalti putaran panjang," ungkapnya.

Lorenzo mengatakan tekanan pebalap cukup besar karena harus jadi yang paling kencang. Jika tidak kuat hasilnya malah berbanding terbalik saat balapan.

Meski secara mental Quartararo sudah makin matang tapi tetap perlu diwaspadai. Contohnya di musim 2020 lalu, di awal musim di tampil memukau tapi kemudian terus merosot dan akhinya bertengger di papan tengah klasemen.

Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).AFP/LUIS GENE Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).

Baca juga: Pemilik Moge Banyak yang Kepincut Motor Adventure

Baru kemudian pada 2021 dia tampil konsisten dan terbukti tak bisa dikalahkan. Meski tetap ada kicauan miring karena kondisi Marc Marquez belum sempurna Quartararo berhasil merebut gelar Juara Dunia 2021.

"Memang benar bahwa Quartararo telah membuka kembali tantangannya sedikit, terbukti sebagai manusia, tetapi saya tidak mengharapkan kesalahan lain darinya," kata Loreno.

"Apalagi dibandingkan dengan Aleix dan Pecco, dia sudah menjadi juara (juara dunia), jadi (seharusnya) dia tidak lebih gugup dari mereka," kata legenda MotoGP tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.