Ini Dia Sedan Listrik Hyundai Ioniq 6

Kompas.com - 29/06/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 akhirnya resmi diperkenalkan secara utuh. Sebelumnya, Hyundai hanya merilis teaser detail desain sedan listrik ini.

Namun, untuk saat ini, Hyundai hanya fokus menonjolkan desain dari Ioniq 6. Sementara untuk detail spesifikasinya, baru akan diungkap pada 14 Juli 2022.

Baca juga: Hyundai Rilis Teaser Detail Desain Ioniq 6

Dikutip dari Motor1.com, Rabu (29/6/2022), desain sedan listrik ini secara utuh benar-benar aerodinamis. Sayangnya, belum dijelaskan berapa besar koefisien drag yang dihasilkan oleh Ioniq 6.

Hyundai Ioniq 6Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 6

Bagian depannya terlihat minimalis, tanpa banyak ornamen yang disematkan. Sementara pada bagian kap, sisi kanan dan kirinya dibuat lebih menonjol dan seolah menjadi bagian dari pilar A.

Lampu depannya berbeda dengan Ioniq 5, tapi tetap memiliki LED dengan bentuk yang mengotak. Lalu, di bawah lampu, diberi terdapat ornamen dengan bentuk garis horizontal yang memanjang dari ujung ke ujung.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Dikabarkan Meluncur Sebelum Akhir Tahun 2022

Pada bagian samping, Ioniq 6 membawa terobosan baru. Mobil ini tidak lagi menggunakan spion konvensional yang memakai cermin, melainkan kamera.

Hyundai Ioniq 6Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 6

Sedangkan pintunya, masih mengusung konsep yang sama dengan Ioniq 5, yakni menggunakan Flush Door Handles. Tujuannya adalah untuk mengurangi hambatan udara agar lebih aerodinamis.

Bagian bawah pintu diberi lekukan agar tampil dinamis. Lalu, desain peleknya juga dibuat model two tone. Bodinya dibuat polos tanpa side body moulding.

Hyundai Ioniq 6Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 6

Salah satu keunikannya adalah pada bagian atapnya, di mana lekukannya menyatu hingga bagian belakang. Sedangkan pada bagian belakangnya, diberikan spoiler model ducktail tepat di bawah kaca belakang.

Lampu belakangnya juga menggunakan konsep desain Parametric Pixel LED dan dibuat penuh dari sisi kanan hingga sisi kiri. Pada bumper belakang, Hyundai juga menyematkan reflektor merah dan putih yang diposisikan vertikal.

Hyundai Ioniq 6Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 6

Terkait interior, Hyundai hanya merilis foto dasbor dan belum menjelaskan detailnya. Tapi, terlihat layar head unit menyatu dengan speedometer. Untuk setirnya sendiri, tidak jauh berbeda desainnya dengan yang digunakan pada Ioniq 5.

Lalu, yang menarik adalah ujung kanan dan ujung kiri. Terdapat layar yang menampilkan gambar dari kamera luar yang berperan sebagai spion.

Hyundai Ioniq 6Dok. Hyundai Hyundai Ioniq 6

Ioniq 6 menggunakan Electric Global Modular Platform (E-GMP), yang sama seperti Ioniq 5. Untuk mendukung performanya, sedan listrik ini dibekali baterai 77,4 kWh. Dengan dua motor elektrik, tenaga yang dihasilkan diperkirakan dapat mencapai 300 tk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.