Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 6 Dikabarkan Meluncur Sebelum Akhir Tahun 2022

Kompas.com - 17/06/2022, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai berhasil membuat mobil listrik yang dilirik banyak orang, yakni Ioniq 5. Belum lama ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut kabarnya sudah menyiapkan Ioniq 6.

Dikutip dari Gaadiwaadi.com, Kamis (16/6/2022), Hyundai akan menambah jajaran mobil listriknya, yakni dengan Ioniq 6 yang bergaya sedan.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Sebentar Lagi Meluncur

Hyundai sudah merilis video teaser Ioniq 6, tapi tanpa menunjukkan wujud mobil itu sendiri. Hyundai hanya memberi petunjuk bahwa mobil tersebut mengusung tema 'electrified streamliner'.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6Stefan Baldauf / SB-Medien Mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Ioniq 6 akan menggunakan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Namun, desain yang dimiliki sedan listrik tersebut tampaknya akan sangat berbeda.

Jika pada Ioniq 5 tampilannya sedikit retro, pada Ioniq 6 dikabarkan akan lebih mengutamakan pada aerodinamika. Bentuknya ditentukan oleh kebutuhan untuk mengurangi hambatan.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Belum Meluncur, Desain Ioniq 7 Sudah Beredar

Dari beberapa foto spyshot yang beredar, terlihat lekuk bodinya lebih membulat dan mengalir dari bagian kap mesin, lalu ke atap, hingga ke bagian buritan. Bukan dengan garis-garis yang tegas nan agresif seperti pada mobil-mobil supercar.

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Ioniq 6greencarreports.com Ilustrasi mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Soal spesifikasi dan fitur, karena mengusung E-GMP, tentunya tak akan jauh berbeda dengan Ioniq 5. Tapi, baterainya disebut memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 77,4 kWh. Sementara Ioniq 5 tipe Signature Long Range, kapasitas baterainya hanya 72,6 kWh.

Sayangnya, tidak disebutkan dengan pasti kapan Ioniq 6 akan diluncurkan. Tapi, dari beberapa sumber mengatakan peluncurannya akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Hyundai diyakini akan meluncurkannya lebih dulu di Korea sebelum akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com