Hyundai Ioniq 6 Dikabarkan Meluncur Sebelum Akhir Tahun 2022

Kompas.com - 17/06/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai berhasil membuat mobil listrik yang dilirik banyak orang, yakni Ioniq 5. Belum lama ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut kabarnya sudah menyiapkan Ioniq 6.

Dikutip dari Gaadiwaadi.com, Kamis (16/6/2022), Hyundai akan menambah jajaran mobil listriknya, yakni dengan Ioniq 6 yang bergaya sedan.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Sebentar Lagi Meluncur

Hyundai sudah merilis video teaser Ioniq 6, tapi tanpa menunjukkan wujud mobil itu sendiri. Hyundai hanya memberi petunjuk bahwa mobil tersebut mengusung tema 'electrified streamliner'.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6Stefan Baldauf / SB-Medien Mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Ioniq 6 akan menggunakan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP). Namun, desain yang dimiliki sedan listrik tersebut tampaknya akan sangat berbeda.

Jika pada Ioniq 5 tampilannya sedikit retro, pada Ioniq 6 dikabarkan akan lebih mengutamakan pada aerodinamika. Bentuknya ditentukan oleh kebutuhan untuk mengurangi hambatan.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Belum Meluncur, Desain Ioniq 7 Sudah Beredar

Dari beberapa foto spyshot yang beredar, terlihat lekuk bodinya lebih membulat dan mengalir dari bagian kap mesin, lalu ke atap, hingga ke bagian buritan. Bukan dengan garis-garis yang tegas nan agresif seperti pada mobil-mobil supercar.

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Ioniq 6greencarreports.com Ilustrasi mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Soal spesifikasi dan fitur, karena mengusung E-GMP, tentunya tak akan jauh berbeda dengan Ioniq 5. Tapi, baterainya disebut memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 77,4 kWh. Sementara Ioniq 5 tipe Signature Long Range, kapasitas baterainya hanya 72,6 kWh.

Sayangnya, tidak disebutkan dengan pasti kapan Ioniq 6 akan diluncurkan. Tapi, dari beberapa sumber mengatakan peluncurannya akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Hyundai diyakini akan meluncurkannya lebih dulu di Korea sebelum akhir tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.