Ingin Pasang Dashcam di Mobil, Siapkan Dana Rp 1,8 Jutaan

Kompas.com - 28/06/2022, 18:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Kini pemilik mobil kian gemar menambahkan aksesori, salah satunya dashcam. Komponen ini merupaman alat penunjang keselamatan dan keamanan saat berkendara. 

Dengan kata lain, dashcam berperan sebagai alat pengawas yang bisa merekam peristiwa atau kejadian di perjalanan. Dashcam dapat menyimpan semua rekaman pada memori perangkat selayaknya kamera CCTV.

Baca juga: Video Viral Rangka Honda BeAT Patah, Ini Dugaan Mekanik Honda

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan, jika budget yang dibutuhkan untuk pemasangan dashcam tergantung tipe mobil.

“Setiap mobil mobil punya tingkat kesulitan pemasangan dashcam yang berbeda. Kalau untuk mobil yang umum, misalnya Avanza atau Innova seperti itu kita pasang harga dari harga Rp 1.8 juta. Saya kebetulan pegang brand Mtech untuk dashcam yang digunakan,” kata Hendra kepada Kompas.com.


Untuk proses pemasangannya sendiri terbilang singkat karena hanya memakan waktu beberapa jam saja.

Menurut Hendra, permintaan pemasangan dashcam di tempatnya kian menanjak selama dua tahun kebelakang.

Hendra juga menyebutkan jika pemasangan dashcam bersifat universal. Artinya, pemasangan dashcam bisa dilakukan untuk semua tipe mobil.

dashcam (Unsplash)Janlika dashcam (Unsplash)

Baca juga: Kenali Penyebab Nissan Grand Livina Gampang Ngelitik

“Sekalipun mobil jadul, dashcam bisa disematkan untuk merekam perjalanan,” kata Hendra.

Dashcam akan bekerja dengan merekam bagian depan dan belakang mobil. Lalu, rekaman tersebut juga ditampilkan di spion tengah.

“Dengan dashcam, pengemudi akan lebih mengantisipasi segala hal yang terjadi di jalan ketika berkendara,” kata Hendra.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.