Bahas Performa Mesin Fazzio vs Scoopy, Siapa Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 28/06/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai membahas soal desain dan fitur antara Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy, kini saatnya mengulas perihal performa yang ditawarkan masing-masing skutik.

Di atas kertas, kedua motor menyajikan kapasitas mesin dan tenaga yang berbeda. Artinya, bukan berarti motor dengan kapasitas mesin lebih besar, lebih digdaya dibandingkan motor berkapasitas lebih kecil.

Melihat spesifikasi resminya, Fazzio dengan kapasitas mesin 125 cc tenaganya mencapai 6,2 kW atau setara 8,3 tk pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga: Mulai 1 Juli 2022 Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar Dulu, Simak Harga Terbarunya

Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Honda Scoopy
Foto: KOMPAS.com/Dio Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid - Connected dan Honda Scoopy

Sementara Scoopy yang memiliki mesin 110 cc menghasilkan tenaga sebesar 6,6 kW atau setara 8,8 tk pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Apabila mengacu data ini, terlihat bahwa Fazzio dengan kapasitas mesin lebih besar, namun tenaganya lebih kecil daripada Scoopy. Meski begitu, torsi Fazzio lebih unggul dibandingkan Scoopy.

Kemudian dari angka tersebut terlihat pula, keunggulan dari mesin Fazzio adalah tenaga dan torsi maksimal yang bisa dikail dari putaran yang lebih rendah dibandingkan Scoopy.

Baca juga: Update Wajib Punya BPJS Kesehatan untuk Urus Perpanjangan STNK

Sehingga saat dicoba berkendara di perkotaan, performa Fazzio terasa bertenaga baik di putaran mesin bawah maupun putaran atas.

Ketika dipakai berkendara jarak jauh, motor ini juga tak terasa kehabisan napas, bahkan saat melewati jalur menanjak.

Sementara Scoopy, karakter mesinnya lebih asyik untuk di perkotaan. Di mana tenaganya terasa lebih mengisi di putaran bawah, ketimbang putaran atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.