Menolak Punah, Pabrikan Ini Ciptakan Motor 2-Tak Terbersih

Kompas.com - 28/06/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Era mesin motor 2-tak sudah habis. Saat ini pabrikan motor meninggalkan mesin 2-tak dan beralih ke mesin 4-tak karena dianggap lebih ramah lingkungan.

Namun berbeda dengan mayoritas pabrikan lain, Langen, produsen motor start up asal Inggris, resmi meluncurkan Langen Two Stroke untuk menggebrak pasar.

Keistimewaan Langen Two Stroke ialah mesinnya bersih dibandingkan mesin 2-tak jadul. Klaimnya menggunakan teknologi mobil balap F1 yang dipadukan teknologi penerbangan dan pesawat ulang-alik.

Baca juga: Bikin Isuzu D-Max Bergaya Street Racing

Langen ?Two Stroke? Foto: Greatbiker Langen ?Two Stroke?

Langen Two Stroke menggunakan mesin 2-tak, 250 cc V-Twin yang dikembangkan oleh Vins yaitu perusahaan riset dan pembuat khusus mesin 2-tak khusus dari Italia. Perusahaan ini dibangun oleh mantan insinyur tim F1 Ferrari.

Klaimnya mesin tersebut menggabungkan sejumlah teknologi balap F1 dan telah dimodifikasi oleh Langen. Rinciannya, rasio bahan bakar terhadap oli 200:1 berbeda jauh dibandingkan dengan mesin 2-tak standar yang punya perbandingan 30:1.

Pengabutan bahan bakar sudah pakai injeksi. Sehingga suplai oli dan campuran bensin tersebut memberikan performa yang lebih baik pada mesin ini.

Baca juga: Mobil Zaman Sekarang Masih Minum Pertalite, Ini Dampaknya

Langen ?Two Stroke? Foto: Greatbiker Langen ?Two Stroke?

Christofer Ratcliffe, CEO Langen, mengatakan, mesin ini dikembangkan khusus untuk jalan raya. Berbagai kelemahan di mesin 2-tak diperbaiki, hasilnya emisi lebih besih dan tenaga lebih besar.

“Ini mesin balap V-twin yang kami kembangkan untuk jalan raya. Kami memetakan mesin baru. Konsumsi bahan bakar kontrol katup dan throttle. Kami juga meningkatkan sistem pendingin baru yang lebih tahan lama dari sebelumnya," katanya mengutip Greatbiker, Selasa (28/6/2022).

"Dan kita dapat mengatakan bahwa ini adalam mesin "Dua Tak" terbersih yang pernah ada. Ini adalah sepeda motor 2-tak pertama yang melewati standar emisi saat ini selama bertahun-tahun,” ungkap dia.

Langen ?Two Stroke? Foto: Greatbiker Langen ?Two Stroke?

Baca juga: Mulai 1 Juli 2022 Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar Dulu, Simak Harga Terbarunya

Di atas kertas, mesin mampu menghasilkan tenaga maksimum 75 tk. Menariknya dengan bobot hanya 120 kg, motor ini bisa dipacu hingga 225 kpj. Padahal tidak memakai aerodinamika yang rumit.

Bobot motor bergaya naked cafe racer ini dapat dipangkas sebab Langen menggunakan rangka dengan material aluminium dan bodi serat karbon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.