Mitos atau Fakta, Motor Pakai Oli Mesin Mobil Bisa Lebih Bertenaga?

Kompas.com - 28/06/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli memiliki peran penting bagi mesin sepeda motor. Tugasnya tak sekadar melumasi, tapi juga memberikan perlindungan dari gesekan dan sebagai pendingin.

Asal mengisi oli tanpa melihat spesifikasi, apalagi sampai salah atau memaksa menggunakan oli yang tak sesuai jenis kendaraan, bisa fatal akibatnya.

Pelumas mesin yang digunakan motor matik, berbeda dengan motor manual. Baik dari viskositas maupun spesifikasinya.

Namun demikian, tak sedikit sampai saat ini masih ditemui pemilik motor yang nekat mencoba menggunakan oli mesin mobil dengan beragam alasan. 

Baca juga: Dampak Buruk Sering Mematikan Mesin Skutik dengan Standar Samping

Lantas apakah hal tersebut sah-sah saja dilakukan?

Ilustrasi mengganti oli mobilDok. Shutterstock/ Kenny CMK Ilustrasi mengganti oli mobil

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Astra Honda Motor (AHM) Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin menjelaskan, sangat berbahaya jika asal mengganti oli.

Rofiudin mengatakan, kebanyakan para pemilik terhasut tren pada beberapa forum otomotif yang berekesperimen menggunakan oli mesin mobil lantaran dianggap dengan viskositas yang lebih rendah bisa mendongkrak performa mesin. 

"Oli mesin mobil viskositas rendah SAE 0W-30, jika diisi ke dalam mesin motor yang di rekomendasikan 10W-30 bisa menyebabkan gesekan berlebihan pada piston. Terlalu encer dampak jangka panjang piston bisa baret," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022). 

Menurut Rofiudin, oli dengan viskositas rendah memang dampaknya membuat performa akselerasi motor lebih enteng.

Baca juga: Ini Beberapa Masalah yang Bikin Check Engine Motor Menyala

 

Tetapi, suhu panas mesin yang dihasilkan dari kompresi pembakaran jauh lebih tinggi. Apalagi jika penggunaan motor sering dipacu pada rpm tinggi, mesin yang overheat bisa menyebabkan piston baret dengan ciri khas suara mesin yang menjadi kasar. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.